Salin Artikel

Manggung di Kota Solo, Slank Akan Kolaborasi dengan Musik Gamelan

Konser musik yang akan dimulai pada pukul 19.00 WIB, itu, menampilkan kolaborasi unik antara dua jenis musik, yaitu musik rock ala Slank dengan musik tradisional gamelan dimainkan Milenial Gamelan.

Vokalis Band Slank, Kaka, mengatakan kolaborasi ini merupakan bentuk nostalgia baginya. Pasalnya, Slank terakhir kali ke Kota Solo pada 2019 lalu.

"Terakhir kali, Slank rekaman di Lokananta, tahun 2019 selama seminggu. Kita rekaman setiap hari, sampai malam itu terakhir di Solo. Nah, ini menjawab kerinduan kita apalagi (kolaborasi) dengan Gamelan Milenial," kata Kaka, Kamis (2/3/2023).

Di sisi lain, permainan musik dengan padu padan alat musik Gamelan menjadi sebuah tantangan baru bagi band yang digawangi Bimbim, Kaka, Ridho, Abdee, dan Ivanka itu.

"Tantangan yang membuat manusia jadi lebih hidup, yang mestinya kita jawab, aku juga percaya bahwa musik punya bahasanya sendiri. Alat Gamelan dan musik kontemporer musik modern sekarang masih punya garis tengah," ucapnya.

"Membuat Slank, jadi semangat gitu. Mencoba hal baru, membuat hal baru, bikin lagu baru, bikin album baru itu, yang menyemangati hidup," tegasnya.

Untuk menyiapkan pergelaran ini, Kaka mengatakan telah melakukan sejumlah persiapan. Termasuk mematangkan kolaborasi secara langsung jelang manggung.

Sementara itu, Penggebuk drum Slank, Bimbim menyebut Slank akan tampil selama 1,5 jam untuk membawakan 17 lagu.Dia mengatakan beberapa lagu yang akan dikolaborasikan dengan musik gamelan.

"Satu setengah jam itu, 17 lagu. Kita mau bawakan beberapa lagu, Kita kolaborasi dengan Gamelan. Bismillah, insya Allah, alam mendukungnya dan lancar," kata Bimbim.

Kolaborasi apik ini diselenggarakan oleh Sekolah Dasar (SD) Pangudi Luhur Solo bersama Yayasan Lintas Cakrawala dan Milenial Gamelan untuk memperingati 100 tahun SD Pangudi Luhur.

Hasil penjualan tiket juga akan disumbangkan 100 persen kepada masyarakat dalam bidang, Pendidikan, Budaya dan Sosial.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/02/171635378/manggung-di-kota-solo-slank-akan-kolaborasi-dengan-musik-gamelan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke