Salin Artikel

Fenomena Munculnya Pulau Baru di Tengah Laut Hebohkan Warga Polewali Mandar

Pulau baru ini diperkirakan telah terbentuk sejak lama, namun baru terlihat pada akhir 2022 lalu, saat kondisi cuaca ekstrem dan banjir rob melanda Indonesia.

Sejumlah warga dan nelayan yang penasaran bahkan sengaja mendatangi lokasi pulau fenomenal tersebut, hanya ingin memastikan pulau yang muncul tiba-tiba dan menghebohkan publik tersebut benar-benar ada.

Pulau baru ini luasnya sekitar 20x30 meter persegi, dengan material yang terdiri dari pasir dan beberapa patahan karang kecil.

Karena permukaannya baru tampak muncul di pulau baru ini, tidak ada tumbuhan yang hidup. Jaraknya sekitar 10 mil laut dari daratan Polewali mandar dengan jarak tempuh sekitar 40 menit menggunakan perahu tradisional.

Aktivis lingkungan pesisir yang sekaligus sebagai Ketua Sahabat Penyu, Muhammad Yusri mengatakan, awalnya pulau baru ini ditemukan dan dilaporkan oleh nelayan sekitar.

“Mulanya ini ditemukan nelayan dan sekarang jadi heboh karena muncul di tengah laut,”jelas Yusri. Sementara itu, pemerhati maritim Sulbar Muhammad Ridwan Alimuddin mengatakan, jika pulau baru ini belum layak disebut pulau, tetapi sebuah gusung.

Menurutnya, kategori pulau itu jika dalam kondisi air laut sedang pasang, daratan itu tidak hilang maka disebut pulau, tetapi jika saat air laut sedang pasang dan hilang dalam periode waktu tertentu maka disebut gusung.

“Disebut pulau kalau dalam kondisi air laut sedang pasang, daratan itu tidak hilang, tetapi jika saat air laut pasang dan hilang dalam periode waktu tertentu maka itu disebut gusung,” jelas Ridwan.

Menurut Ridwan, munculnya gusung ini biasanya karena adanya penumpukan sedimentasi dari pola arus dan gelombang laut yang terjadi. Sedimentasi ini terbentuk dalam jangka waktu yang cukup lama, yakni bisa puluhan hingga ratusan tahun.

Namun, semua itu butuh penelitian yang konprehentif dari pihak yang berwenang untuk memastikannya.

https://regional.kompas.com/read/2023/03/02/160322378/fenomena-munculnya-pulau-baru-di-tengah-laut-hebohkan-warga-polewali-mandar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke