Salin Artikel

BERITA FOTO: Laksamana Muda Maman Firmansyah Resmi Menjabat Panglima Koarmada II

KOMPAS.com - Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah kini menduduki jabatan Panglima Koarmada II, menggantikan posisi Laksamana Muda TNI Dr T.S.N.B. Hutabarat M.M.S.

Upacara serah terima jabatan dilaksanakan di Dermaga Madura Ujung, Surabaya, Senin (27/2/2023).

Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., memimpin langsung serah terima jabatan tersebut.

Laksda TNI Maman Firmansyah, adalah perwira tinggi kelahiran Kuningan, Jakarta, 21 Februari 1967. Ia merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-35 tahun 1989. Berbagai jabatan strategis pernah diemban. Di antaranya Komandan KRI Komandan Untung Surapati-372 pada tahun 2002, Komandan KRI Hiu-634 dan Komandan KRI Singa-651.

Selanjutnya, KRI Fatahillah-361 di bawah jajaran Satkor Koarmatim tahun 2006. Lalu Komandan KRI Oswald Siahaan-354 di jajaran Satkor Koarmatim tahun 2007. Sedangkan pada tahun 2008, mengemban amanah sebagai Komandan Lanal Palembang dan Komandan KRI Ahmad Yani-351.

Setelah mengenyam Pendidikan Sesko TNI tahun 2014, karir Laksda TNI Maman Firmansyah semakin melejit.

Ia pernah menjabat sebagai Asops Koarmatin, Kasguspurla Koarmatim, Paban II Ops/Sopsal, Sekdis Disopslatal Mabesal tahun 2016, Komandan Kodikopsla Kodiklatal 2017, Kas Kolinlamil pada tahun 2019, Kas Koarmada III di tahun 2019.

Dan terakhir sebelum menjabat orang nomor satu di Koarmada II, Laksda TNI Maman Firmansyah menjabat sebagai Kaskogabwilhan III sejak 2021 lalu.

Adapun tanda jasa dan satya lencana yang dimiliki Laksda TNI Maman Firmansyah antara lain Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Jalasena Pratama, Bintang Jalasena Nararya, Satya Lencana Kesetiaan VIII, Satya Lencana Kesetiaan XVI.

Kemudian juga ada Satya Lencana Kesetiaan XXIV, Satya Lencana Dwidja Sistha, Satya Lencana Kebaktia Sosial, Satya Lencana Wira Dharma (Perbatasan), Satya Lencana Wira Nusa, Satya Lencana Dharma Nusa, dan Satya Lencana Dharma Samudera.

Pangkoarmada RI Laksamana Madya TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M mengatakan, tugas Laksda TNI Maman Firmansyah ialah melanjutkan program prioritas pejabat sebelumnya. Antara lain menyiapkan alutsista sekaligus personel di markas Kogabwilhan III.

"Semoga ini membawa berkah bagi pejabat baru dalam memangku tugas yang diberikan kepada Laksda TNI Maman Firmansyah, dan juga mengantarkan tugas ke depan Laksda TNI Hutabarat yang sudah 9 bulan lebih mengabdi menjadi Koarmada II ini dengan banyak hal-hal yang sudah dikerjakan," katanya.

Pimpinan Koarmada II itu, katanya, juga bakal untuk fokus melatih prajurit dalam Search and Resque (SAR). Supaya apabila sewaktu-waktu diminta oleh pemerintah menangani bencana semua personel siap diterjunkan.

Artikel ini seelumnya telah tayang di Surya.co.id dengan judul : Kini Pucuk Pimpinan Koarmada II Dijabat Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah

(Penulis: Tony Hermawan | Editor: Cak Sur)

https://regional.kompas.com/read/2023/02/27/203743078/berita-foto-laksamana-muda-maman-firmansyah-resmi-menjabat-panglima

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke