Salin Artikel

10.000 Hektar Hutan di Aceh Hilang Setiap Tahun

“Melalui analisis dan informasi dari berbagai sumber, hutan Aceh mengalami deforestasi tidak kurang dari 10.000 hektar per tahun selama waktu lima tahun terakhir,” kata
Wali Nanggroe Aceh Teungku Malik Mahmud Al Haytar di Banda Aceh, Sabtu (25/2/2023), seperti dilansir Antara.

Malik Mahmud mengatakan, penggundulan hutan itu akibat pembalakan liar, pembukaan lahan oleh masyarakat, dan bencana alam.

Namun, yang disoroti Malik adalah berkurangnya hutan akibat penambangan emas liar.

“Aktivitas itu kita duga menjadi salah satu penyebab utama banjir, longsor dan kebakaran (hutan) yang sudah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir di Aceh," sebut Malik.

Malik menuturkan, saat ini pengelolaan kawasan hutan lindung (KHL) yang ditetapkan berdasarkan hasil skoring Kementerian LHK ternyata juga belum optimal dalam menjaga hutan.

Padahal, hutan lindung seharusnya mampu memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat, dibandingkan dengan kawasan hutan produksi yang ada, yaitu melalui pemanfaatan hasil hutan bukan kayu (HHBK).

Malik menyebutkan berdasarkan data KLHK selama lima tahun terakhir, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui pemanfaatan hutan Aceh lebih kurang mencapai Rp2 miliar per tahun.  Capaian itu menempatkan Aceh pada urutan 10 terendah.

"Nilai itu sangat kecil dibandingkan luas kawasan hutan yang telah ditetapkan pengelolanya. Maka ini menjadi salah satu bukti tidak maksimalnya pemanfaatan hutan bagi masyarakat sekitar kawasan," katanya.

Dalam kesempatan ini, Wali Nanggroe juga menyampaikan sudah ada tiga perusahaan yang telah dicabut izin konsesinya oleh BKPM Pusat karena dinilai telah menelantarkan lahan dengan total 130.634 hektar.

Izin yang dicabut tersebut yakni milik PT Rimba Penyangga Utama seluas 6.150 hektar, PT Aceh Inti Timber seluas 80.084 hektar, dan PT Lamuri Timber seluas 44.400 hektar.

“Karena itu, sebagai upaya pemulihan kerusakan, kami telah menyusun konsep pengelolaan sumber daya hutan yang berkelanjutan demi rakyat dan perdamaian Aceh,” kata Malik Mahmud.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/26/115026478/10000-hektar-hutan-di-aceh-hilang-setiap-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke