Salin Artikel

Puluhan Penonton Kehilangan HP dan Motor Saat Nonton Konser Purworejo Spektakuler

Mereka pun antre melakukan pelaporan kehilangan ke pihak kepolisian yang berada di Posko Pelayanan Satlantas Polres Purworejo.

Dimas (25), penonton asal Kelurahan Borokulon, Kecamatan Banyuurip mengaku kehilangan 1 unit HP di depan pangggung bagian depan. Saat itu, ia bersama sejumlah teman tengah asyik berjoget dan menikmati iringan musik.

Tiba-tiba ada 4 sampai 5 pria di sebelahnya yang membentuk formasi seperti lingkaran dan tanpa diketahui menyerobot HP yang berada di dalam saku celananya.

"Ada satu yang menyelinap trus mengambil hp terus dilempar, HP-nya saya taruh kantong, yang di tas pun juga banyak yang hilang," kata Dimas usai melaporkan kejadian itu ke polisi pada Sabtu (25/2/2023)

Mengetahui HP-nya raib, ia bersama sejumlah teman yang juga mengaku kehilangan langsung melaporkan ke petugas jaga di Pos Satlantas.

Nasib serupa dialami oleh Lutfil Hakim (21), penonton asal Wonosobo. Ia mengaku kehilangan 1 unit HP merek Samsung A11 saat sedang berada di padatnya kerumunan penonton.

"Motifnya itu mengagetkan penonton bahwa ada ular dan salah satu pelaku mendorong serta mengambil HP," sebutnya

Menurutnya, modus yang dilakukan para terduga pelaku nyaris mirip, yakni mendesak atau mendorong-dorong penonton yang menjadi target. Lalu saat terjadi keributan dan target lengah, mereka langsung melancarkan aksinya.

"Mereka sepertinya komplotan. Modusnya mengalihkan perhatian, ada yang mengagetkan dengan teriak ada ular di bawah kaki dan sebagainya," ujar Fajar.

Sepengetahuan Lutfil, banyak penonton lain yang menjadi korban perampasan atau pencurian HP. Tidak dapat berbuat banyak, mereka hanya dapat melaporkan peristiwa itu dan berharap HP miliknya kembali.

"Ada banyak banget yang laporan kelhilangan HP. Puluhan, Mas," tandasnya.

Pantauan di lokasi, ribuan orang memadati Alun-alun Purworejo. Penonton tumpah ruah di area panggung untuk penyaksikan sejumlah bintang tamu, seperti Band Kotak, NDX AKA dan Deny Caknan.

Sementara di Posko Pelayanan Satlantas Polres Purworejo, terpantau puluhan remaja hilir mudik kebingunan usai melakukan pelaporan. Hingga pukul 00.15 WIB, tercatat ada sekitar 70 an laporan kehilangan HP.

"HP berbagai merek yang dilaporkan hilang," kata Brigadir Tunggul di sela-sela melayani penanganan pelaporan.

Warga lainnya Rozi, asal Kecamatan Bruno mengaku malah kehilangan motor. Awalnya motor berjenis Scopy berwarna merah tersebut di parkir di jalan Kartini menuju Alun-alun Purworejo sebelah barat.

Setelah acara selesai, Rozi kaget motor yang diparkir hilang tak berbekas. Setelah beberapa jam mencari ke sekitaran alun-alun Purworejo Rozi tetap tidak menemukan motor miliknya.

"Sudah saya cari muter-muter tidak ada mas," kata Rozi.

Sementara itu ketua umum panitia Purworejo Spektakuler Aan Isa Nugroho mengaku prihatin atas kejadian ini. Ia mengatakan bahwa kejadian ini merupakan salah satu dampak negatif dari tontonan massal seperti ini.

"Saya turun prihatin atas nama penyelenggara atas kejadian yang tidak menyenangkan. Masyarakat harus berhati-hati untuk ke depannya," kata Aan.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/25/121245878/puluhan-penonton-kehilangan-hp-dan-motor-saat-nonton-konser-purworejo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke