Salin Artikel

Stok Minyakita di Sejumlah Toko Kosong, Pemkab Semarang Siapkan Operasi Pasar

"Dari pantauan di beberapa toko besar seperti Luwes dan Superindo stok Minyakita terakhir pada Januari. Tapi kalau untuk merek lain seperti Suncho dan Fortune, stok dan harga masih stabil," ujar Bupati Semarang Ngesti Nugraha, Kamis (23/2/2023).

Ngesti mengatakan akan mengambil langkah khusus jika terjadi kenaikan harga bahan pokok, terutama beras dan minyak goreng.

“Pemkab dan Forkompimda akan terus memonitor agar harga tetap stabil. Seandainya ada kenaikan yang signifikan Kami akan mengambil langkah-langkah khusus dalam rangka stabilisasi harga,” kata Ngesti.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Kabupaten Semarang Widada Mutiara mengatakan harga Minyakita saat ini berkisar Rp 16.000 per liter.

"Sedangkan harga eceran tertinggi yang ditetapkan Rp 14.000. Pemkab Semarang terakhir menerima kiriman Minyakita dari Pemprov Jateng pada Senin (20/2/2023)," ujarnya.

Dia mengungkapkan Diskumperindag terus mengajukan permintaan ke Dinas Perdagangan Provinsi guna menjaga stabilitas harga.

"Rencananya akan dilakukan operasi pasar di Bandarjo, Karangjati, Babadan dan Pasar Projo Ambarawa untuk menekan harga," ungkap Widada.

"Harga untuk kemasan plastik Rp 13.000 per liter. Sedangkan untuk kemasan botol ukuran 1 kilogram, Rp 15.500," ujarnya.

Sementara itu Asisten Ekonomi Pembangunan, Suratno menjelaskan harga beras di pasar tradisional juga relatif stabil. Dia mencontohkan harga beras IR 64 kelas medium di Pasar Bandarjo Ungaran tercatat Rp 11.000. Sementara kelas premium malah turun menjadi Rp 13.000 dibanding hari sebelumnya, Rp13.500.

"Kami memastikan Pemkab Semarang akan terus menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok menjelang Bulan Ramadan," paparnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/23/233526778/stok-minyakita-di-sejumlah-toko-kosong-pemkab-semarang-siapkan-operasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke