Salin Artikel

Prajurit Kopasgat TNI AU Unjuk Ketangguhan Saat Evakuasi Kapolda Jambi

Kala itu, embusan udara terbilang cukup kencang, lebih dari 15 knot. Ahmad dan Rusdi pun terlihat semakin berputar kencang saat ketinggiannya bertambah.

Momen itu terjadi ketika Ahmad mengevakuasi Rusdi pada Selasa (21/2/2023).

Kopda Ahmad mengaku tidak merasa pusing apalagi takut. Sebagai penerjun bebas (free fall) membuat lelaki ini cepat menyesuaikan diri di segala medan.

"Kami punya banyak keahlian, di antaranya penerjun bebas, pengendali tempur, dan spesifikasi SAR," kata Kopda Ahmad melalui pesan singkat, Selasa (23/2/2023).

Lelaki 35 tahun itu tergabung di Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) dan bermarkas di Pekanbaru. Pasukan itu berada di garis komando TNI-AU.

Prajurit yang tergabung dalam Kopasgat memiliki banyak kemampuan khusus sebagai Kotama pembinaan TNI AU.

Beberapa ciri khas yang dimiliki oleh Kopasgat, di antaranya meliputi kemampuan untuk mempertahankan dan mengendalikan pangkalan, pengendalian tempur, dan kemampuan SAR tempur serta perebutan pangkalan udara depan.

Di ketinggian 75 kaki atau setara dengan 23 meter, dengan erat tangan Kopda Ahmad Nofrizal memeluk Rusdi yang terbaring sakit agar tidak terlempar dari tandu.

Dia mengaku tidak 100 persen percaya dengan alat yang terpasang, meskipun sudah aman (safety) dan terikat kuat.

"Saya diperintah komandan untuk memastikan keselamatan Pak Kapolda sampai atas (helikopter). Maka saya pegang erat-erat agar selamat," kata Kopda Ahmad melalui pesan singkat, Selasa (23/2/2023).

Rusdi dan tujuh penumpang heli lainnya berhasil dievakuasi pada Selasa (21/2/2023) atau setelah 53 jam berada di hutan dengan kondisi luka-luka.

Kopda Ahmad bercerita, dia bersama tujuh orang pasukan elit TNI-AU lainnya, termasuk komandannya, turun untuk mengevakuasi Kapolda Jambi dan para penumpang heli lainnya.

Semua memiliki keahlian dan lisensi, tapi Ahmad yang dipercaya dan diperintah oleh sang komandan untuk menjaga Kapolda.

Penulis: Kontributor Jambi, Suwandi

https://regional.kompas.com/read/2023/02/22/162816678/prajurit-kopasgat-tni-au-unjuk-ketangguhan-saat-evakuasi-kapolda-jambi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke