Salin Artikel

Harga Cabai di Kota Semarang Semakin "Pedas", Rp 65.000 Per Kilogram

Penjual cabai Pasar Bulu Kota Semarang, Warni (58) mengatakan, beberapa tahun terakhir harga cabai tak pernah stabil. Naiknya harga cabai sudah dia rasakan sejak satu minggu lalu.

"Kalau sekarang per kilogram cabai jenis rawit merah mencapai Rp 65.000. Jika harga normal ya hanya Rp 50.000 per kilogram," jelasnya saat ditemui di Pasar Bulu, Rabu (22/2/2023).

Warni menjelaskan, tak stabilnya harga cabai membuat banyak pembeli protes kepadanya. Hal itu pula yang memengaruhi jumlah pembeli yang terus berkurang.

"Kalau yang protes sudah banyak. Sudah kebal saya," kata dia.

Selain berkurangnya jumlah pembeli, penghasilan Warni dari jualan cabai juga turut berkurang karena banyak cabai yang busuk.

"Sekarang yang beli sedikit-sedikit, akhirnya banyak cabai yang busuk di tempat saya," imbuh Warni.

Sampai saat ini dia tak mengetahui apa yang menyebabkan harga cabai tak stabil dan cenderung naik. Menurutnya, harga cabai bakal naik lagi menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Pasti itu seperti tahunan ya, nanti kalau menjelang Idul Fitri pasti naik lagi. Memang setiap tahun seperti itu," ujarnya.

Hal yang sama dikatakan Rondiyah (54), pedagang cabai di Pasar Bulu yang lain. Menurutnya, harga cabai sudah tak stabil sejak tahun baru 2023.

"Katanya ini karena musim hujan ekstrem ya, tapi saya tak tau pasti," imbuh dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/22/124950578/harga-cabai-di-kota-semarang-semakin-pedas-rp-65000-per-kilogram

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke