Salin Artikel

Hendak Diselundupkan ke Surabaya, Ribuan Liter Arak Diamankan Petugas Pelabuhan Baubau

Miras yang dibungkus dalam puluhan karung tersebut dari Bitung, Sulawesi Utara, rencananya hendak diselundupkan ke Surabaya. 

“Sebelum kapal sandar di pelabuhan, kami mendapat kabar informasi bahwa ada kapal sinabung dari Bitung ada penumpang bawa barang illegal,” kata Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Jasra Yuzi Irawan, Sabtu (18/2/2023).   

Mengetahui hal tersebut, ia kemudian melakukan koordinasi dengan pos Angkatan Laut dan KP3 Pelabuhan Murhum melaksanakan sidak di atas kapal. 

Setelah kapal bersandar di Pelabuhan Murhum Baubau untuk transit, petugas gabungan kemudian naik di atas kapal dan menemukan 38 karung yang berisi ribuan liter miras disembunyikan di dek 5 pada bagian lambung kanan kapal. 

“Setelah dibuka ternyata isinya adalah minuman cap tikus, minuman ciri khasnya orang Manado yaitu arak,” ujar Jasra. 

“Karena ini barang yang tidak boleh diperdagangkan bebas, kami dengan tim menurunkan barang tersebut di kantor polisi,” ucapnya. 

Sementara itu, pelaku berinisial IS (43) yang membawa miras tersebut juga langsung diamankan ke kantor polisi. 

“Pelaku diamankan satu orang, informasi yang bersangkutan kalau dia dititipkan oleh orang tetapi penyidik yang akan mengecek kebenarannya itu,” kata Jasra. 

Saat ini ribuan liter arak diamankan di Mapolres Baubau dan pelaku IS menjalani pemeriksaan lebih lanjut di kantor polisi.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/20/112830378/hendak-diselundupkan-ke-surabaya-ribuan-liter-arak-diamankan-petugas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke