Salin Artikel

Sungai Meluap Setelah Hujan Deras, 2 Kecamatan di Way Kanan Lampung Terendam Banjir

Akses utama menuju dua kecamatan tersebut sempat terputus akibat tingginya banjir.

Kapolres Way Kanan AKBP Teddy Rachesna mengatakan banjir pada Minggu (19/2/2023) itu melanda setidaknya lima kampung di dua kecamatan.

"Dua kecamatan yang terendam banjir tercatat di Kecamatan Negeri Agung dan Kecamatan Pakuan Ratu," kata Teddy melalui keterangan tertulis, Minggu malam.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun kepolisian, banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Way Nakau di Kecamatan Negeri Agung dan Sungai Serupa di Kecamatan Pakuan Ratu.

"Rata-rata ketinggian banjir mencapai 30 - 60 sentimeter atau selutut orang dewasa," kata Teddy.

Menurut Teddy, banjir yang terjadi sejak pukul 04.00 WIB dari Sungai Way Nakau ini berdampak ke Kampung Bandar Kasih, Kampung Rejo Sari dan Kampung Tanjung Rejo.

Akibatnya, akses dari dan menuju ketiga kampung tersebut putus karena terendam banjir.

Sedangkan luapan air Sungai Serupa berdampak pada Kampung Tanjung Serupa dan Jalan Poros Register 46 Dusun Tanjung Sari.

Akibat meluapnya air sungai Way Serupa ke jalan dengan ketinggian air kurang lebih 50 sentimeter, sampai menutup akses jalan dari ke lokasi itu.

Teddy mengerahkan anggota Bhabinkamtibmas untuk membantu masyarakat yang terdampak banjir.

Lebih lanjut, Teddy menghimbau kepada masyarakat disekitar pinggiran sungai untuk waspada akan dampak kenaikan debit air mengingat intensitas curah hujan masih tinggi.

"Terutama anak-anak agar tetap senantiasa diawasi orang tua," kata Teddy.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/20/100915878/sungai-meluap-setelah-hujan-deras-2-kecamatan-di-way-kanan-lampung-terendam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke