Salin Artikel

TNI-Polri Berhasil Amankan Alat Propaganda KKB Pimpinan Egianus Kogoya

JAYAPURA, KOMPAS.com - Tim gabungan TNI-Polri berhasil mengamankan sejumlah barang bukti yang diduga biasa digunakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya sebagai alat propaganda.

Hal ini didapat ketika tim gabungan melakukan patroli di Kampung Yutpul, Distrik kilmid, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Sabtu (18/2/2023).

"Kami berhasil mendapatkan berbagai barang-barang yang diduga merupakan barang milik KKB yang digunakan selama ini untuk melakukan propaganda," ujar Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani, melalui keterangan tertulis, Minggu (19/2/2023).

Alat propaganda yang dimaksud antara lain berupa kamera video profesional, kamera DSLR, kamera genggam, dan lainnya.

Selain itu, tim gabungan juga mengamankan beberapa dokumen yang diduga terkait dengan keberadaan KKB di Nduga.

"Barang-barang temuan tersebut telah kami amankan dan sudah kami serahkan kepada penyidik Polri untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," kata Faizal.

Nama Egianus Kogoya menjadi sorotan setelah ia dan kelompoknya mengancam akan membunuh 15 pekerja bangunan yang sedang membangun Puskesmas Distrik Paro, pada 4 Februari 2023.

Kemudian Egianus membakar pesawat Susi Air dan menyandera pilot Philip Mark Merthens yang merupakan warga negara Selandi Baru, pada 7 Februari 2023.

Akibat aksi-aksi tersebut, warga Distrik Paro memilih mengungsi ke Kenyam sehingga saat ini wilayah tersebut tidak berpenghuni.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/19/203743078/tni-polri-berhasil-amankan-alat-propaganda-kkb-pimpinan-egianus-kogoya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke