Salin Artikel

Longsor Tutup Badan Jalan Nasional Trans-Timor, Akses Kendaraan Lumpuh Total

Akibatnya, akses lalu lintas yang menghubungkan Kota Kupang menuju Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Malaka, Belu, hingga Timor Leste ataupun sebaliknya lumpuh total.

"Kejadian longsor itu sejak kemarin hingga saat ini," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTT Ambrosius Kodo kepada Kompas.com, Sabtu (18/2/2023).

Ambrosius menjelaskan, sejumlah alat berat diterjunkan ke lokasi untuk menyingkirkan material longsor, tetapi belum ditangani maksimal. Longsor tetap saja terjadi sehingga jumlah alat berat akan ditambah.

"Semoga hari ini bisa diatasi. Memang longsor ini menghambat arus lalu lintas dan antrean kendaraan panjang," ujar dia.

Elfrid menjelaskan, jarak dari tebing yang longsor hingga badan jalan sekitar satu kilometer, sedangkan badan jalan yang tertutup longsor mencapai 30 meter.

Menurut Elfrid, akses kendaraan lumpuh total karena tak ada jalan alternatif. Hal itu terjadi karena di sebelah kanan dan kiri jalan terdapat sungai dan perbukitan.

"Saat ini, alat berat masih berupaya membersihkan material yang longsor dari bukit," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/18/095036678/longsor-tutup-badan-jalan-nasional-trans-timor-akses-kendaraan-lumpuh-total

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke