Salin Artikel

6 ODGJ Hidup Memprihatinkan di Semarang, Makan Dibantu Warga dan Organisasi Masjid

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebanyak 6 orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), tinggal di sebuah rumah yang tak layak huni.

Beberapa atap rumah mereka terlihat bocor. Kasur untuk mereka tidur juga sudah terlihat usang dan kotor.

Sebanyak 6 ODGJ tersebut tinggal di Tanah Putih RT 002 RW 002, Kelurahan Jomblangsari, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, 6 ODGJ tersebut mendapat bantuan makanan dari warga dan organisasi masjid di dekat tempat tinggal mereka.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Semarang Heroe Soekandar mengatakan, apa yang dilakukan warga selaras dengan program rehabilitasi sosial berbasis masyarakat.

"Jadi, program ini warga sekitar membantu warga yang membutuhkan. Hal itu terimplementasi di kasus 6 ODGJ tadi," kata Heroe, saat dikonfirmasi, Jumat (17/2/2023).

Dia mengapresiasi warga sekitar yang turut meringankan beban kebutuhan hidup 6 ODGJ tersebut. Menurutnya, apa yang dilakukan warga Tanah Putih bisa jadi contoh daerah lain.

"Ini bisa jadi contoh, masyarakat langsung terlibat dalam hal sosial," ucapnya.

Selanjutnya, Dinsos Kota Semarang akan melakukan pemantauan dan pelayanan kesehatan kepada 6 ODGJ yang tinggal dalam satu rumah itu.

"Ada yang sakit, nanti kita akan beri bantuan kesehatan yang layak," kata dia.

Kasi Tuna Susila dan Perdagangan Orang (TSPO) Dinas Sosial (Dinsos) Kota Semarang, Bambang Sumedi menambahkan, Pemerintah Kota Semarang juga akan melakukan perbaikan rumah 6 ODGJ tersebut.

"Kemarin setelah ditinjau Pak Sekda Kota Semarang Iswar dan Kepala Dinsos Kota Semarang, rumah mereka bakal dilakukan perbaikan," imbuh Bambang.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/17/154310978/6-odgj-hidup-memprihatinkan-di-semarang-makan-dibantu-warga-dan-organisasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke