Salin Artikel

Longsor Terjang Jatiyoso Karanganyar, Terjadi Saat Warga Tertidur Lelap

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Karanganyar, Bagoes Darmadi mengatakan longsor terjadi  saat warga terlelap tidur. Dengan waktu longsor rata-rata dari pukul 00.00 WIB hingga 03.00 WIB.

"Untuk di Jatiyoso, ada 5-6 titik tanah longsor ada rumah dan ada pekarangan. Termasuk, rumah kosong," kata Bagoes Darmadi, saat dikonfirmasi, Rabu (15/2/2023).

Untuk evakuasi saat ini masih dilaksanakan secara manual. Lantaran, untuk alat berat masih proses koordinasi dan pengantaran.

"Perlunya alat berat. Ini sudah kami upayakan. Pakai alat berat digunakan karena sedimen nya banyak," ujarnya.

Tanah longsor terjadi karena hujan deras yang berlangsung lama sejak Selasa (14/2/2023), siang hingga malam.

"Waktunya (longsor) tadi malam kemarin sore sampai malam hujan terus. Kemungkinan terjadi longsor rata-rata jam 00.00 sampai jam 03.00 WIB," jelasnya.

Sementara itu, evakuasi material longsor yang memutus jalur Jalan Tembus Tawangmangu-Sarangan Magetan, di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, saat ini masih belum bisa dilaksanakan karena cuaca ekstrim.

"Ini karena di lokasi masih hujan gerimis, kabur dan sangat berbahaya. Sebenarnya, alatnya sudah ada. Tapi cuaca ini tidak memungkinkan," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/15/131907578/longsor-terjang-jatiyoso-karanganyar-terjadi-saat-warga-tertidur-lelap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke