Salin Artikel

Selain Revitalisasi Keraton Solo, Gibran Akan Pakai Dana Hibah UEA untuk Percantik Kolam Renang Tirtomoyo Manahan

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan pihaknya akan memakai sebagian dana hibah dari Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) untuk mempercantik kolam renang di utara Stadion Manahan itu.

"Kolam renang tinggal mempercantik. Wis tak geser juga anggarannya. Anggaran hibah (UEA)," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Selasa (14/2/2023).

Terkait besaran anggaran hibah yang dipakai untuk mempercantik kolam renang tersebut, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu hanya mengatakan cukup.

"Adalah (anggarannya). Yang penting bersih, kamar mandinya bersih, ora lumuten (tidak lumutan)," terang suami Selvi Ananda.

Gibran mengatakan penggeseran dana sebagian dana hibah UEA untuk kolam renang Tirtomoyo Manahan dilakukan agar lebih terawat. Menurutnya, untuk menjadikan kolam renang tersebut menjadi berstandar internasional biayanya banyak.

Di sisi lain, Gibran juga menggeser sebagian alokasi dana hibah UEA untuk revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta atau Keraton Solo.

Diketahui, Solo menerima dana hibah dari Pemerintah UEA senilai USD 15 juta atau setara Rp 236 miliar.

Terkait jumlah dana hibah yang dipakai untuk revitalisasi Keraton Solo, Gibran enggan menyebutkan nilainya. Ayah Jan Ethes Srinarendra menyebut bahwa dana hibah yang disiapkan tersebut cukup untuk merevitalisasi Keraton Solo fase pertama.

"Lumayan cukup untuk fase satu cukuplah ya," ungkap dia.

Gibran mengaku dirinya sudah berkoordinasi dengan kementerian terkait penggunaan sebagian dana hibah tersebut untuk revitalisasi Keraton Solo.

"Sudah, sudah koordinasi. Proposalnya kita revisi. Kemarin sudah saya rapatkan Senin ini kita ngirim proposal baru cuna geser itu saja (penggunaan sebagian dana hibah untuk keraton)," jelas Gibran.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/14/141224778/selain-revitalisasi-keraton-solo-gibran-akan-pakai-dana-hibah-uea-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke