Salin Artikel

Mengeluh Sakit Perut, Remaja 17 Tahun di Musi Rawas Hamil 6 Bulan Usai Diperkosa Ayah Tiri

MUSIRAWAS, KOMPAS.com - Seorang remaja berusia 17 tahun di Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, hamil enam bulan setelah menjadi korban pemerkosaan ayah tirinya, RY (40).

Akibat kejadian tersebut, RY ditahan di Polres Musirawas usai dilaporkan keluarga korban.

Kasat Reskrim Polres Musirawas, AKP Muhammad Indra Prameswara mengatakan, peristiwa ini terungkap setelah sebelumnya korban S mengeluhkan sakit perut kepada ibunya, Sabtu (11/2/2023). 

Korban kemudian dibawa ibunya ke klinik desa setempat. Bahkan saat itu, tersangka RY ikut mengantarkan anak tirinya agar tidak dicurigai.

Dari hasil pemeriksaan, keluarga dibuat kaget, lantaran korban dinyatakan sedang mengandung 6 bulan. Namun, S saat itu masih enggan menyebut siapa orang yang menghamilinya tersebut karena diancam RY.

Saat pulang ke rumah, S yang dibujuk akhirnya bercerita bahwa orang yang sudah memperkosanya adalah RY. Keluarga pun menjadi marah hingga RY nyaris menjadi bulan-bulanan keluarganya.

“Pelaku saat itu sempat hendak dipukuli, kemudian ada anggota patroli sehingga pelaku langsung diamankan,” kata Indra, Senin (13/2/2023).

Indra menjelaskan, hasil pemeriksaan, RY telah memperkosa korban pada Juli 2022. Saat itu pelaku yang baru pulang menyadap karet meminta dibuatkan kopi oleh korban.

Melihat suasana sepi, korban dipaksa RY untuk masuk ke kamar hingga akhirnya diperkosa RY.

“Ketika itu pelaku mengancam akan membunuh ibunya kalau korban cerita. Sehingga, selama itu korban takut untuk cerita,” ujarnya.

Dari tersangka, petugas mengamankan beberapa barang bukti, salah satunya baju yang digunakan korban.

Atas perbuatannya, RY dikenakan Pasal 81 Jo pasal 76 (d) UU RI No 17 Tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU No 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua UU RI No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman penjara 15 tahun.

“Motifnya tersangka mengaku khilaf melihat korban,” kata Kasat.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/13/172629078/mengeluh-sakit-perut-remaja-17-tahun-di-musi-rawas-hamil-6-bulan-usai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke