Salin Artikel

Progres Bendungan Sepaku Semoi Pemasok Air ke IKN Sudah 85 Persen, Target Juni 2023 Mulai Operasi

SAMARINDA, KOMPAS.com – Progres pembangunan fisik Bendungan Sepaku – Semoi sebagai pemasok air baku ke ibu kota negara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PUU), Kaltim, sudah 85 persen.

“Rencananya Juni (2023) sudah mulai proses pengisian (air) ke waduk, soal peresmian tergantung pimpinan,” ungkap Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV Harya Muldianto saat dihubungi Kompas.com, Jumat (10/2/2023).

Harya mengatakan, saat ini sedang dilakukan pekerjaan tubuh bendungan serta fasilitas pendukung lainnya seperti kantor dan rumah para pengelola.

Nantinya, proses delivery air dari bendungan ini menuju kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) IKN langsung air bersih, karena sudah ada proses pengelolaan langsung di dekat bendungan termasuk instalasi pipa.

Hanya saja, proyek itu akan dikerjakan oleh Direktorat Cipta Karya, Kementerian PUPR. 

Sebagai informasi, pembangunan Bendungan Sepaku Semoi menelan biaya Rp 556 miliar dikerjakan dengan skema kontrak jamak hingga 2023 oleh kontraktor pelaksana PT Brantas Abipraya- PT Sacna- dan PT. BRP (KSO).

Bendungan Sepaku Semoi memiliki luas genangan 280 hektar dengan kapasitas tampung 10,6 juta m3. Selain Bendungan Sepaku Semoi, Kementerian PUPR juga tengah menyelesaikan Intake Sungai Sepaku berkapasitas 3.000 liter perdetik.

Dengan demikian, kedua sumber air akan memasok air baku menuju IKN sebanyak 5.000 liter per detik.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/10/205835478/progres-bendungan-sepaku-semoi-pemasok-air-ke-ikn-sudah-85-persen-target

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke