Salin Artikel

Jual Jajanan Tak Higienis hingga Picu Keracunan Massal di Sekolah, Pedagang Minuman Diamankan Polisi

Banyak siswa di SD Negeri 002 Polewali, Kecamatan Polewali, harus dilarikan ke rumah sakit maupun puskesmas setelah mengalami pusing, mual, dan muntah usai minum racikan.

Selain mengamankan si pedagang, polisi juga menyita sejumlah barang di antaranya permen, dan jenis minuman racikan yang dijual. Termasuk, sisa jajanan yang dikonsumsi murid saat jam istirahat.

Penjual yang sedang perempuan tersebut sempat syok saat didatangi pihak kepolisian di rumahnya untuk dimintai keterangan.

Diketahui, jajanan tersebut berupa permen yang dicampur berbagai jenis minuman bersoda, serta pasta cokelat yang diracik. Biasanya, para murid mengonsumsi dengan cara dicelup ke minumannya.

Di hadapan penyidik dari Polres Polewali Mandar, si pedagang mengaku belum lama menjual jenis jajanan itu di sekolah.

Ia bahkan mengaku baru pertamakali menjual di sekolah di mana para siswa mengalami keracuan massal usai mencoba permen dan minuman celup racikannya tersebut.

Kasat Reskrim Polres Polewali Mandar, Iptu I Gusti Bagus Wardhana mengatakan, hingga saat ini sejumlah korban yang dilarikan ke rumah sakit telah dipulangkan ke rumah masing-masing, meski sebagian masih menjalani perawatan karena kondisnya lemas.

“Semua sampel makanan dan sisa menuman yang diduga jadi pemicu terjadinya keracunan massal yang dialami siswa telah disita petugas, rencananya akan dilakukan pemeriksaan sampel di labfor Polda Sulsel dan Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar,” jelas Bagus.

Selain korban yang dirawat di rumah sakit, beberapa siswa dilaporkan juga mengalami gejala yang sama usai konsumsi jajanan tersebut, namun memilih rawat jalan di rumah masing-masing karena alasan kondisinya tidak parah.

Kepolisian akan berkordinasi dengan labfor Polda Sulsel dan Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar untuk melakukan pemeriksaan sampel dari tubuh korban dan juga sisa makanan yang diamankan.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/10/141427578/jual-jajanan-tak-higienis-hingga-picu-keracunan-massal-di-sekolah-pedagang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke