Salin Artikel

Pedagang di Lampung Tengah Dihipnotis, Perhiasan Emas 20 Gram Diganti Uang Palsu

LAMPUNG, KOMPAS.com - Video seorang ibu pedagang sayur di Pasar Punggur, Kabupaten Lampung Tengah viral di media sosial. Korban dihipnotis serta perhiasannya dirampas pelaku.

Video usai korban mengalami peristiwa itu diunggah di grup Facebook "Informasi Seputar Punggur Lampung Tengah" pada Selasa (7/2/2023) kemarin oleh akun Cane Istie.

Dalam dua video yang masing-masing berdurasi 30 detik itu, menayangkan sang ibu menunjukkan sebuah amplop berisi uang mainan dan plat ring kecil.

Korban juga terdengar menceritakan kejadian yang dialaminya kepada sejumlah ibu-ibu yang mengerumunginya.

Pengunggah video menyebutkan korban adalah ibu kandungnya yang merupakan warga Kecamatan Punggur.

Pada caption unggahan, akun Cane Istie menceritakan peristiwa yang dialami oleh ibunya itu terjadi pada Senin (5/2/2023) sekitar pukul 09.00 WIB.

"Assalamualaikum, sekedar info, harap hati-hati buat warga sekitar Punggur. Kemarin tanggal 6 feb jam 9 pagi lokasi pasar Punggur, Lampung tengah," tulis akun Cane Istie.

Kronologi peristiwa tersebut disebutkan bermula saat ada seseorang yang belum diketahui identitasnya meminta korban mengantarkan barang dagangannya yang dibeli pelaku ke mobilnya.

Begitu sampai di mobil, korban lalu dihipnotis dan dibawa pergi.

"Ada orang minta antarkan dagangan ibuku ke dalam mobil berwarna putih katanya, lalu dihipnotis," tulis akun Cane Istie lagi.

Menurut pengunggah, korban baru diturunkan oleh pelaku di wilayah sekitar SPBU Toto Katon yang berjarak sekitar 3 kilometer dari Pasar Punggur.

Perhiasan korban berupa cincin 5 gram dan gelang 15 gram dirampas oleh pelaku.

"Lalu ibuku diturunkan sekitaran di pom bensin Totokaton. Untung nyawa masih selamat, cuma lecet dikit akibat perapasan emas di tangan, dan cincin 5 gram, gelang 15 gram diganti ring dan uang palsu dalam amplop," tulis akun Cane Istie itu.

Sementara itu, Kepala Satreskrim Polres Lampung Tengah AKP Edi Qorinas mengatakan, pihaknya belum mengetahui adanya peristiwa tersebut.

"Belum ada laporan di polres, coba cek di Polsek Punggur," kata Edi saat dihubungi, Kamis (9/2/2023).

Meski demikian, peristiwa ini menjadi catatan sendiri bagi pihaknya atas kondisi keamanan di masyarakat.

"Kita telusuri dahulu," kata Edi.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/09/140703378/pedagang-di-lampung-tengah-dihipnotis-perhiasan-emas-20-gram-diganti-uang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke