Salin Artikel

Penebangan Pohon di SMAN 1 Semarang Diprotes Alumni, Ganjar Minta Tidak Saling Menyalahkan

Merespons hal itu, Ganjar mengimbau agar kedua pihak tidak saling menyalahkan. Pasalnya penebangan dilakukan demi alasan keamanan mengingat Jumat (3/2/2023), pohon trembesi setinggi 12 meter di SMAN 1 Semarang tumbang saat jam belajar.

Sebagai gantinya, Ganjar mengarahkan kepada guru, pelajar, dan alumni SMAN 1 Semarang menanam pohon untuk penghijauan kembali.

Ganjar menceritakan para alumni hendak membawa masalah ini ke ranah hukum. Kemudian Ganjar menjelaskan penebangan telah berizin.

"Saya bilang jangan, ini kan sekolah kita, jenengan kan juga jadi seperti ini karena guru, kecuali gurunya itu nekat,” kata Ganjar dalam keterangan yang diterima Kompas.com.

Dari pengecekan itu, kepada Ganjar Kepala SMAN 1 Semarang, Kusno, menyampaikan dua pohon besar itu pernah tersambar petir sebelumnya.

“Jadi bawahnya growong, maka ya sudah enggak usah saling menyalahkan," lanjut Ganjar.

Kemudian, Ganjar mengarahkan dinas terkait agar rutin melakukan perawatan dan pengecekan pepohonan tinggi di areal SMAN 1 Semarang yang kebanyakan telah berusia puluhan tahun.

"Kami sampaikan juga ke dinas terkait dan saya minta untuk matun (memangkas dahan). Jadi bagian atasnya yang dipotong, kalau bawahnya masih kuat kita biarkan. Jadi yang atas-atasnya itu kita potongin," katanya.

Melihat cuaca tak pasti dan kerap terjadi hujan lebat, dia menegaskan pemangkasan dan perawatan rutin itu juga perlu dilakukan terhadap pepohonan yang tumbuh di ruang publik dan sekitar sekolah lainnya.

"Saya sampaikan kemarin ke dinas-dinas saya untuk hati-hati, cek semuanya, matun, potongi atasnya," ujar Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar menginstruksikan kepada civitas SMAN 1 Semarang, sekolah lainnya, dan masyarakat agar terus melakukan peremajaan pepohonan untuk menjaga lingkungan.

"Mumpung masih ada hujan kan, saya minta mereka untuk menanam. Pohonnya juga bagus ini, banyak. Jadi tetap hijau, bagus gitu. Mumpung masih banyak waktu, tanam lagi banyak-banyak," tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/08/161003578/penebangan-pohon-di-sman-1-semarang-diprotes-alumni-ganjar-minta-tidak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke