Salin Artikel

Briptu Yohanes, Korban Terakhir Jembatan Putus di Pegunungan Bintang, Ditemukan Meninggal di Boven Digoel

JAYAPURA, KOMPAS.com - Briptu Yohanes Matheus, anggota Polres Pegunungan Bintang yang menjadi salah satu korban hanyut akibat jembatan putus di Sungai Digul, Distrik Iwur, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, akhirnya ditemukan di Distrik Kawagit, Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan, Senin (6/2/2023).

Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia setelah hanyut selama 10 hari.

"Korban ditemukan di Distrik Kawagit setelah tim gabungan yang dibantu masyarakat Kampung Arim melakukan penyisiran di bawah Kampung Dipol sampai muara Kali Iwur dan Digoel hingga ujung Bandara Iwur," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo melalui keterangan tertulis, Senin.

Briptu Yohanes Matheus merupakan korban terakhir yang ditemukan. Tiga korban lainnya telah ditemukan terlebih dahulu dalam keadaan meninggal dunia.

Jenazah korban, sambung Benny, telah diterbangkan dari Boven Digoel ke Kabupaten Nabire, Papua Tengah, untuk dimakamkan di kampung halamannya.

"Korban akan dimakamkan di kampung halamannya di Kabupaten Nabire," kata dia.

Sebelumnya, insiden jembatan putus terjadi dan menyebabkan tiga anggota Polri dan satu TNI hanyut di Sungai Digul, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, pada Sabtu (28/1/2023) sekitar pukul 11.20 WIT. Jembatan itu putus ketika rombongan Kapolres Pegunungan Bintang dan Dansatgas Pamwiltasrat RI-PNG Yonif 143/TWEJ tengah melintas untuk pergi ke Distrik Iwur.

Jembatan gantung tersebut terputus ketika 12 orang yang masuk dalam rombongan sama-sama melintas. Diduga, jembatan putus karena kelebihan beban.

"Jembatan sudah tidak layak dan rombongan yang melewati jembatan melebihi kapasitas," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Adi Prabowo melalui keterangan tertulis, Sabtu (28/1/2023) malam.

Sungai yang berada di wilayah selatan Papua tersebut melintasi beberapa kabupaten dengan lebarnya mulai dari puluhan meter hingga lebih dari 3 kilometer.

Aliran Sungai Digul mulai dari Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, hingga Mappi, Boven Digoel dan Merauke di Papua Selatan.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/07/135113178/briptu-yohanes-korban-terakhir-jembatan-putus-di-pegunungan-bintang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke