Salin Artikel

Harimau Sumatera Mangsa 2 Ekor Sapi di Kebun Kelapa Sawit Riau

Kejadian harimau memangsa sapi itu, terjadi  di dalam perkebunan kelapa sawit milik PTPN V Unit Lubuk Dalam, Kabupaten Siak.

Risky Atriansyah selaku Vice President Corporate Communication PTPN V, saat dikonfirmasi Kompas.com membenarkan kejadian itu.

"Lokasinya di afdeling VII Kebun Lubuk Dalam. Ada dua ekor sapi milik karyawan yang diduga dimangsa oleh harimau," sebut Rizky melalui keterangan tertulis, Senin (6/2/2023).

Kedua sapi yang dimangsa hewan buas dilindungi itu salah satunya ditemukan dengan kondisi separuh badannya diduga sudah dimakan.

Atas kejadian itu, Risky mengatakan bahwa PTPN V bergerak cepat melakukan mitigasi bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, TNI-Polri dan pemerintah setempat.

"Kami mengambil langkah cepat untuk melindungi segenap karyawan, serta masyarakat yang bermukim di sekitar perusahaan," kata Risky.

Risky menyebut, sejauh ini tidak ada karyawan yang melihat langsung harimau tersebut.

Namun, berdasarkan pantauan tim gabungan di lokasi, memang ditemukan jejak harimau.

"Kita telah mengeluarkan imbauan agar karyawan dan masyarakat tidak melaksanakan aktivitas di luar rumah, terutama malam hari. Untuk keamanan karyawan dan keluarganya, khusus afdeling VII dan afdeling I, karyawan tidak bekerja sementara sampai dapat dipastikan kondisi terkendali," kata Risky.

Sebagaimana diberitakan, kemunculan harimau sumatera di Kota Siak sejak sebulan terakhir, membuat warga Kabupaten Siak menjadi resah.


Bahkan, harimau sempat terekam kamera CCTV saat melintasi pemukiman pada penduduk, di Kelurahan Kampung Rempak, Kecamatan Siak, Sabtu (21/1/2023) dini hari.

Rekaman kamera pengawas menunjukkan harimau melintas di depan ruko. Harimau itu diduga berasal dari Hutan Kota Arwinnas.

Jejak harimau sebelumnya juga ditemukan di belakang rumah warga di Kampung Suak Lanjut, Kecamatan Siak, Senin (16/1/2023).

Atas kejadian itu, pihak BBKSDA Riau bersama instansi terkait memasang perangkap dengan umpan daging untuk mengevakuasi harimau tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/06/201343878/harimau-sumatera-mangsa-2-ekor-sapi-di-kebun-kelapa-sawit-riau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke