Salin Artikel

Puluhan Hektar Hutan Taman Nasional Way Kambas Dibakar Pemburu Liar

Kepolisian menyebut kebakaran itu dilakukan sengaja oleh pemburu satwa liar.

Kapolres Lampung Timur AKBP Zaky Alkazar Nasution melalui Wakapolres Komisaris Polisi (Kompol) Sugandhi Satria Nugraha membenarkan kebakaran yang sempat terjadi bulan lalu itu menghanguskan puluhan hektar lahan hutan.

Menurut Sugandhi, kebakaran hutan di dalam kawasan taman nasional tersebut adalah peristiwa yang disengaja alias bukan karena faktor cuaca atau alam.

"Hasil lidik (penyelidikan) sementara, diduga dibakar secara sengaja oleh para pemburu satwa liar," kata Sugandhi saat dihubungi, Senin (6/2/2023) sore.

Sugandhi memaparkan, pembakaran hutan tersebut dilakukan para pelaku dengan cara membakar ilalang agar tumbuh tunas muda.

"Ilalang muda yang baru tumbuh ini jadi memancing satwa yang menjadi buruan," kata Sugandhi.

Dia menambahkan Polres Lampung Timur sendiri telah membentuk tim penanganan tindak pidana pembakaran hutan yang terdiri dari Reskrim, Intelkam, Samapta dan Bhabinkamtibmas.

Berdasarkan data hasil pemberitaan Kompas.com, kebakaran terkini terjadi pada Senin (16/1/2023) lalu di Resort Toto Projo, Seksi II Bungur.


Kebakaran yang terjadi selama 12 jam tersebut menghanguskan setidaknya puluhan hektar kawasan padang sabana.

Wilayah yang terbakar sebagian besar adalah vegetasi ilalang.

Kemudian, kebakaran juga terjadi pada Senin (9/1/2023). Lokasi kebakaran berada di wilayah Resort Susukan Baru, Rawa Mentok di Seksi I Way Kanan.

Wilayah hutan yang terbakar mencapai luas sekitar 30 hektar dengan vegetasi sabana.

Kebakaran tersebut berlangsung selama empat jam hingga Senin petang. Api menyambar dengan cepat lantaran padang sabana didominasi ilalang kering.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/06/175802678/puluhan-hektar-hutan-taman-nasional-way-kambas-dibakar-pemburu-liar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke