Salin Artikel

PBB Solo Naik hingga Ratusan Persen, Gibran Mengaku Dikejar Target PAD: Aku Pusing, Targetnya Tinggi

Keluhan warga itu diunggah melalui Unit Layanan Aduan Surakarta (ULAS), Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, pada Jumat (3/2/2023).

Warga Panularan Laweyan, Stephanus Dwi Cahyo menuliskan soal perbandingan pajak yang dibayarkannya mengalami kenaikan kurang lebih 420 persen. Ia juga mengeluh, kenaikan PBB ini juga tak sebanding dengan kenaikan gaji yang tidak signifikan.

"Tahun kemarin Rp 869.000-an sekarang menjadi Rp 3,6 jutaan. Naik kurang lebih 420 persen. Kami sangat terbebani sekali dengan kenaikan ini, apalagi gaji belum pulih dampak Covid ini. Kenaikan gaji pun tidak signifikan berbeda dengan kenaikan PBB ini, yang sangat sangat-sangat tinggi, setinggi-tingginya, sekali," tulis Stephanus Dwi Cahyo, Jumat (3/2/2023).

Ia juga mengaku rumah yang ditinggali juga merupakan warisan turun temurun dari keluarganya, sehingga kenaikan PBB ini menjadi beban untuk dirinya.

Dia curiga bahwa kenaikan PBB ini lantaran Pemkot Solo sedang mengejar target Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Maaf kalau keliru, Ada informasi kalo solo sedang kejar target, tapi mohon jangan dibebankan kepada rakyat. Dengan UMK yg tidak tinggi, saya rasa tidak adil rasanya kenaikan ini, Terimakasih," ujarnya.

Seperti diketahui, PAD Solo 2022 dipatok di angka Rp740 miliar. Target tersebut dinaikkan Rp 80 miliar menjadi Rp 820 miliar di 2023.

"Kene mumet, target duwur (aku pusing, targetnya tinggi)," kata Gibran di Kantor DPRD Kota Solo, Jumat (3/2/2023).

Putra Sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu juga beralasan bahwa kenaikan ini juga meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Solo.

Meskipun demikian, Gibran membuka kemungkinan adanya diskon dalam pembayarannya.

"Solo ini kota lho. Nilai tanah pasti naik. Naiknya (NJOP) tinggi, stimulasi juga tinggi. Nanti kalau pengurangan atau diskon, bisa," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/03/211533778/pbb-solo-naik-hingga-ratusan-persen-gibran-mengaku-dikejar-target-pad-aku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke