Salin Artikel

Temukan Kunci Tergeletak, Warga Kebumen Curi Uang Kotak Amal Masjid di Purworejo

Kasi Humas Polres Purworejo, AKP Yuli Monasoni menjelaskan, MR mengambil uang di dalam kotak amal dengan menggunakan kunci yang ditemukan di sekitar Masjid Al Izhar Kutoarjo.

MR diketahui sebelumnya datang dari arah Kebumen dengan naik minibus dan turun di Alun-alun Kutoarjo. Saat akan Shalat Dhuhur di Masjid, MR menemukan sebuah kunci saat akan mengambil wudhu.

"Selesai wudhu, MR pura-pura shalat di dekat kota amal, setelah situasi dianggap aman, MR membuka kunci kotak amal tersebut dan mengambil uang di dalamnya," kata Yuli Monasoni pada Jumat (3/2/2023).

Setelah kotak amal tersebut terbuka, MR mengambil uang yang berada di dalam kotak amal sebesar Rp 194.000. Setelah mengambil sebagian uang di kotak amal, perbuatan pelaku diketahui oleh satpam.

"Pelaku belum sempat menguras semua uang di dalam kotak amal, perbuatan MR sudah diketahui oleh satpam Masjid Al Izhar," kata Yuli.

Setelah diketahui satpam, kemudian MR ditangkap dan diserahkan ke Mapolres Purworejo. Polisi saat ini sedang melakukan pemeriksaan atas dugaan pencurian uang kotak amal itu.

"Satreskrim Polres Purworejo melakukan penyitaan barang bukti berupa Uang tunai sebesar Rp 194.000 dan satu buah kunci sepeda motor merek Honda," tambah Yuli.

Pelaku diduga melakukan tindak pidana pencurian sebagai mana dimaksud dalam Pasal 363 ayat (1) Ke-5 KUHP, dengan ancaman 9 tahun penjara.

"Kita mengimbau kepada pengurus masjid untuk lebih berhati-hati dan menjaga keamanan masjid masing-masing," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/03/194844778/temukan-kunci-tergeletak-warga-kebumen-curi-uang-kotak-amal-masjid-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke