Salin Artikel

Kronologi Penjual Ayam di Wonogiri Kemalingan Emas 181 Gram, tapi Sehari Kemudian Barang yang Dicuri Dikembalikan Pelaku

KOMPAS.com - Sejumlah perhiasan emas milik Daryati (47), penjual ayam asal Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, digondol pencuri pada Selasa (31/1/2023).

Barang berharga yang hilang itu antara lain kalung, gelang, dan anting. Total keseluruhannya 181 gram.

Namun, berselang satu hari usai kemalingan atau pada Rabu (1/2/2023), perhiasan emas itu dikembalikan pelaku.

Dikutip dari Tribunnews, Kepala Seksi Hubungan Masyarakat (Kasi Humas) Kepolisian Resor (Polres) Wonogiri Anom Prabowo menceritakan kronologi pencurian.

Peristiwa tersebut diduga terjadi sekitar pukul 05.30 WIB. Waktu itu, korban berangkat ke Pasar Jatisrono untuk berjualan ayam seperti biasanya.

Sebelum berangkat, Daryati mematikan semua lampu di rumahnya. Dia juga menutup pintu, tetapi tidak dikunci karena anaknya masih tidur.

"Sekitar pukul 07.30 WIB, korban pulang dari pasar ke rumahnya. Pulang karena mau takziah karena tetangga ada yang meninggal dunia," ujarnya, Rabu.

Sesampainya di rumah, Daryati kaget saat melihat lemari penyimpanan emasnya bergeser. Tempat penyimpanan emas itu berada di belakang lemari di ruang keluarga.

Merasa curiga, korban langsung mengecek lemari itu. Setelah dicek, ternyata emas yang disimpan dalam lemari raib.

Petugas kepolisian yang mendapat laporan lantas mendatangi lokasi kejadian, lalu meminta keterangan sejumlah saksi dan mengamankan barang bukti.

"Anggota mengamankan 23 lembar surat pembelian emas," ucapnya.


Emas dikembalikan

Berselang sehari, emas yang sempat dicuri dikembalikan pelaku.

"Hasil koordinasi dengan Kapolsek, benar sudah dikembalikan, tapi pelaku masih dalam penyelidikan," ungkap Kepala Sub Seksi Penerangan Masyarakat (Kasubsi Penmas) Humas Polres Wonogiri Iwan Sumarsono, Rabu.

Sementara itu, Kepala Desa Jatisari Teguh Subroto menuturkan, emas itu diletakkan pelaku di depan lemari di ruang keluarga.

"Iya masuk rumah lagi waktu mengembalikan, anak-anaknya itu sudah persiapan ke sekolah," tuturnya.

"Ada yang sudah memasak juga jadi pintunya terbuka," imbuhnya.

Pelaku diduga mengembalikan emas milik Daryati di waktu yang hampir sama saat pencurian.

"Dikembalikan pagi berikutnya, waktunya hampir sama seperti kejadian pencurian, sekira pukul 05.30 WIB," terangnya.

Hingga saat ini, polisi masih menyelidiki kasus pencurian emas di rumah Daryati.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Cerita Daryati, Emas 181 Gram Raib Digondol Maling, Sehari Kemudian Dikembalikan oleh Pelaku

https://regional.kompas.com/read/2023/02/03/110100078/kronologi-penjual-ayam-di-wonogiri-kemalingan-emas-181-gram-tapi-sehari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke