Salin Artikel

Pencuri Diduga WNA Timur Tengah Curi 46 Gram Emas, Modus Bikin Bingung Pakai Bahasa Arab

LAMPUNG, KOMPAS.com - Dua pelaku pencurian yang diduga warga negara asing (WNA) Timur Tengah menggondol 46 gram emas di Bandar Lampung.

Kedua pelaku mengobrol dengan Bahasa Arab untuk membuat korban bingung dan lengah.

Peristiwa ini terjadi di Toko Emas Merlin yang berada di Jalan Teuku Umar, Kecamatan Kedaton pada Senin (30/1/2023) sore.

Pemilik toko, Bembi Gempa Tara (29) mengatakan, pelaku berjumlah dua orang berperawakan seperti orang Timur Tengah.

"Satu pelaku berbadan besar, sedangkan yang satu lagi tingginya standar. Mereka ngobrol pakai Bahasa Arab, kalau pas (nanya) ke saya pakai Bahasa Indonesia," kata Bembi di Bandar Lampung, Rabu (1/2/2023).

Bembi menceritakan, kejadian pencurian terjadi saat tokonya hendak tutup, tapi kedua pelaku datang dan mengaku hendak membeli emas.

Menurut korban, ketika itu kedua pelaku saling berbincang menggunakan Bahasa Arab lalu satu pelaku yang berbadan besar menerjemahkan ke temannya.

Pelaku mengaku hendak membeli perhiasan emas dengan total 100 gram untuk dibawa ke negara mereka sebagai buah tangan.

Perhiasan-perhiasan yang ada di dalam etalase lalu diminta dikeluarkan untuk dipilih.

Menurut Bembi, dia agak lengah saat perhiasan sudah dikeluarkan dan dijajarkan di atas etalase.

"Satu orang memilih, satunya mengajak ngobrol, saya duga pas saya diajak ngobrol itu satu pelaku masukin perhiasan ke tasnya," kata Bembi.

Korban baru sadar saat kedua pelaku tidak jadi membeli barang dagangannya dan pergi meninggalkan toko.

"Saya timbang lagi, kok berkurang banyak, saya tanya ke tukang parkir, katanya dua orang itu pergi ke arah hotel," kata Bembi.

Bembi lalu pergi ke hotel yang dimaksud dan menanyakan apakah ada dua orang WNA yang menginap. Hasilnya nihil, tidak ada kedua pelaku dalam catatan tamu hotel.

Dari hasil penghitungan, Bembi mengatakan dia kehilangan sekitar 46 gram perhiasan berupa cincin, gelang, dan kalung. Total kerugian korban mencapai Rp 46 juta.

Bembi lalu melaporkan peristiwa ini ke Mapolres Bandar Lampung dengan nomor laporan LP/B/143/I/2023/SPKT/POLRESTA/BANDARLAMPUNG/POLDA LAMPUNG.

Terkait peristiwa ini, Kepala Satreskrim Polresta Bandar Lampung Komisaris Polisi (Kompol) Dennis Arya Putra mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan atas pencurian itu.

"Masih lidik," kata Dennis singkat.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/01/183855178/pencuri-diduga-wna-timur-tengah-curi-46-gram-emas-modus-bikin-bingung-pakai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke