Salin Artikel

Diteriaki "Presiden" saat Berkunjung ke Ponpes di Semarang, Begini Tanggapan Sandiaga Uno

Kedatangan Sandi disambut dengan penuh antusias oleh para santri dan pengurus ponpes. Teriakan ‘Sandiaga Presiden’ itu juga terdengar di saat dirinya memberikan pidato sambutan.

Sandi menceritakan perjuangannya bertahan di tengah krisis moneter 1998 hingga menyinggung sosok Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, santri yang berhasil menjadi Presiden ke-4 Indonesia.

Teriakan serupa kembali terdengar ketika pengasuh ponpes KH Fadholan Musyaffa’ menyinggung kriteria pemimpin yang ditujukan pada Sandi dalam sambutannya.

“Tadi yang disampaikan ibu-ibu atau Pak Kiai, saya akan tampung dan sampaikan pimpinan, karena urusan copras-capres itu pimpinan partai politik nanti yang akan menentukan,” jawab Sandi saat ditanya awak media.

Dalam kunjungan itu, Sandiaga dan rombonganya menilik produk UMKM milik santri ponpes. Ia mengatakan, kedatangannya berkaitan dengan program Santri Digitalpreneur untuk mengembangkan ekonomi kreatif di ponpes.

“Saya sendiri akan terus bergerak, berkomunikasi, memperluas silaturahim, agar Indonesia kita jaga ukhuwahnya ya, Islamiyah, wathoniyah, basariyah, insaniyah, karena kontestasi demokrasi harusnya membawa kegembiraan, penuh dengan suka cita,” lanjut Sandi.

Acara juga dihadiri kader PPP dan sejumlah petinggi partai. Termasuk di antaranya Sekjen DPP PPP Arwani Thomafi dan Ketua DPW PPP Jateng, Masruhan Samaurie.

Arwani menyampaikan Pihaknya tengah bersipa menyambut tahun politik 2024 dan fokus mengembalikan jumlah kursi PPP di DPR RI.

“Karena kita akan fokus pada bagaimana kembalikan kursi di DPZR. Oleh karena itu kita belum melangkah pada persoalan Pilpres,” katanya.

Meski begitu, ia membenarkan telah muncul sejumlah nama dari DPW PPP di daerah yang diusulkan dalam kontestasi Pilpres 2024. Sandiaga termasuk salah satu nama yang muncul di dalamnya.

“Pengusulan memang belum. Kalau kita lihat, memang untuk disebut beberapa teman DPW itu menyebutkan nama-nama yang dapat ditindaklanjuti atau dibicarakan dalam forum. Salah satunya Pak Sandiaga,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/30/104000378/diteriaki-presiden-saat-berkunjung-ke-ponpes-di-semarang-begini-tanggapan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke