Salin Artikel

18.000 Pekerja Migran Indonesia Bakal Diberangkatkan ke Korea Selatan Tahun Ini

Menurutnya pekerja Indonesia sangat diminati di Korea Selatan karena dinilai telaten, rapi, dan sangat penurut.

"Itu permintaan Korea (18.000 PMI). Saya sering ketemu dubes negara penempatan, saya tanya kenapa alasan mereka suka dengan orang Indonesia? Mereka jawab karena orangnya atitudenya baik, disiplin, bersih, rapi dan tidak suka membantah" ujar Benny kepada Kompas.com.

Hal itu disampaikan usai Benny meninjau verifikasi dokumen pendaftaran Calon Pekerja Migran Indonesia (CMPI) program government to government (G to G) di Universitas Negeri Semarang (Unnes), Jumat (27/1/2023).

Para PMI biasanya dibutuhkan di industri manufaktur, perikanan, tenaga medis hingga pengasuh atau perawat lansia di beberapa negara maju.

"Program G to G ini baru di 3 negara. Kalau Korea di manufacturing dan fishing. Untuk Jerman perawat. Kalau Jepang pengasuh lansia dan perawat di rumah sakit. Gajinya besar sampai puluhan juta rupiah," lanjutnya.

Benny menambahkan, Jateng menjadi provinsi dengan peminat CPMI ke Korsel terbanyak, yakni 17.000 dari total 35.000 pendaftar di Indonesia.

Sejumlah upaya dilakukan Benny untuk mengangkat harga diri PMI. Mulai dari pengadaan lounge atau ruang tunggu khusus di enam bandara internasional, kredit atau pinjaman khusus PMI, pelepasan oleh pejabat negara, hingga saat ini menginisiasi program perumahan bagi PMI.

"Dan kami juga mengimbau jangan pernah tergiur tawaran sindikat atau calo yang menjanjikan pekerjaan di luar negeri secara tidak resmi. Risikonya terjadi eksploitasi kerja, fasilitas yang tidak diberikan, hingga rentan kekerasan fisik atau menjadi korban kekerasan," terangnya.

Lebih lanjut, pihaknya kini mengusulkan kerja sama untuk penempatan PMI G to G di 18 negara untuk mewadahi minat tinggi CPMI.

“Mudah-mudahan Kemnaker menyetujui ada 18 usulan negara yang kita ingin G to G, karena menetapkan negara tujuan skemanya itu bukan kewenangan BP2MI, tapi kewenangan Kemnaker,” tandasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/27/224419078/18000-pekerja-migran-indonesia-bakal-diberangkatkan-ke-korea-selatan-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke