Salin Artikel

Perjuangan Samini, Anak Buruh di Banyumas yang Jadi Lulusan Terbaik Unsoed

Ia menjadi lulusan terbaik dalam wisuda ke-147 Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto untuk jenjang strata satu (S1) dengan predikat cumlaude, Selasa (24/1/2023).

Mahasiswi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) ini menyelesaikan pendidikan hanya dalam waktu tiga tahun dua bulan dengan IPK 3,97.

Bagi anak bungsu pasangan Nasam dan Nasiyah ini, dapat menempuh pendidikan hingga kuliah merupakan kesempatan yang luar biasa.

Pasalnya, ayahnya hanya bekerja sebagai buruh peternakan ayam. Sedangkan ibunya menjadi buruh di pabrik makanan ringan.

Namun berkat program Bidikmisi dan dorongan dari guru ketika SMA, Samini akhirnya dapat meraih impiannya melanjutkan pendidikan hingga perguruan tinggi.

Samini diterima sebagai mahasiswa melalui jalur SNMPTN dalam program Bidikmisi pada 2019 lalu.

Samini menceritakan, banyak kendala yang dihadapi ketika menempuh pendidikan. Hidupnya tidak selinier teman-temannya yang lain.

"Berbagai kendala saya hadapi. Namun, bagi saya harus terus bersemangat agar bisa beprestasi. Saya diperkenalkan dengan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang mengantarkan saya sampai mendapat pendanaan selama dua tahun," kata Samini.

Selama itu, Samini berkesempatan menjadi bagian dari laboratorium pengembangan karir dan pengelolaan jurnal. Selain itu, Samini juga melatih kemampuan mengajar dengan bekerja menjadi tentor bimbingan belajar.

"Pencapaian saya tidak seberapa, namun tiap perjalanan merupakan pengalaman berharga bagi saya," ucap Samini.

Samini menyampaikan rasa terima kasih kepada Unsoed yang telah menjadi saksi dari bagian perjalanan hidupnya untuk kuliah gratis hingga mencapai gelar sarjana.

Samini berharap, ke depan bisa mendapatkan kesempatan kembali untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Menurut Samini, keterbatasan biaya bukan menjadi hambatan untuk mendapatkan pendidikan.

"Keterbatasan biaya bukanlah kendala untuk memperoleh pendidikan. Semoga akan semakin banyak generasi muda yang dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan melalui program Bidikmisi," kata Samini.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/24/170150678/perjuangan-samini-anak-buruh-di-banyumas-yang-jadi-lulusan-terbaik-unsoed

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke