Salin Artikel

Terjebak Banjir 3 Meter, Puluhan Santri dan Ustaz di Aceh Utara Belum Dievakuasi

KOMPAS.com - Puluhan santri dan ustaz dilaporkan terjebak di pondok pesantren Dayah Bustanul Muttaqin saat banjir bandang menerjang Kecamatan Langkahan, Aceh Utara.

Pimpinan Dayah Bustanul Muttaqin, Tgk Muslem menyebutkan, lebih kurang 30 santri dan 14 ustaz belum dievakuasi.

Para santri beserta guru saat ini terpaksa mengungsi ke gedung yang tinggi. Menurut Muslem, ketinggian banjir saat ini sekitar 3 meter. 

“Banjir sudah masuk dalam pekarangan sejak kemarin, hingga saat ini air sudah mencapai atap balai pengajian,” katanya, Minggu (22/1/2023). 

“Kami sangat berharap agar segera dievakuasi, bahkan banjir pun belum ada tanda-tanda kapan akan surut,” katanya.

Evakuasi korban banjir

Sementara itu, Koordinator Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara Zulfikar Syadli menjelaskan, setidaknya ada empat kecamatan terdampak banjir.

Kecamatan itu adalah Langkahan, Matangkuli, Tanah Luas, dan Samudera. Petugas masih menyisir lokasi banjir untuk mengevakuasi warga.

Pemicu banjir, kata Zulfikar, akibat luapan sungai (krueng) Keureuto.

“Kita terus melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan. Terkait dengan korban banjir di Kecamatan Langkahan sudah dilakukan evakuasi dengan menggunakan boat,” katanya.

Potensi hujan lebat

Dilansir dari Antara, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau pemerintah daerah dan warga mengantisipasi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di beberapa wilayah di Provinsi Aceh.

"Potensi cuaca dengan intensitas tersebut berpeluang terjadi di wilayah yang saat ini terdampak banjir dan wilayah-wilayah lain di Provinsi Aceh," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Ia menyampaikan, sejumlah wilayah di Provinsi Aceh sebelah utara dilanda banjir pada akhir minggu pertama Januari 2023.

Genangan tak dapat dihindari setelah hujan lebat mengguyur beberapa kabupaten, seperti Aceh Timur, Pidie, Pidie Jaya dan Bireuen.

"Banjir masih merendam di beberapa wilayah Aceh hingga Minggu (22/1)," katanya.

(Penulis : Kontributor Lhokseumawe, Masriadi | Editor : Andi Hartik)

https://regional.kompas.com/read/2023/01/22/164102978/terjebak-banjir-3-meter-puluhan-santri-dan-ustaz-di-aceh-utara-belum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke