Salin Artikel

Pakai Printer 3D, Mahasiswa Itera Lampung Berhasil Buat Teleskop Reflektor

LAMPUNG, KOMPAS.com - Sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera) Lampung berhasil membuat teleskop reflektor secara DIY (do-it-yourself) selama dua bulan.

Teleskop tersebut telah diuji dan mampu mengamati objek-objek yang jauh di luar angkasa.

Dosen pengampu mata kuliah Optik Astronomi, Alka Budi Wahidin mengatakan, teleskop ini dibuat oleh mahasiswa Program Studi (Prodi) Sains Atmosfer dan Keplanetan selama dua bulan.

Alka memaparkan, teleskop yang dinamakan Optik Astronomi Teleskop 2022 (OAT22) ini dibuat menggunakan bahan yang relatif mudah didapatkan.

"Seluruh komponen utama teleskop dicetak menggunakan printer 3D lalu dirangkai dengan batang besi dan aluminium," kata Alka Budi dalam rilis, Senin (16/1/2023).

Dia menambahkan, hanya dua komponen yang perlu didatangkan dari luar negeri, yakni cermin primer dan sekunder.

Dosen pembimbing lainnya, Hendra Agus Prastyo menjelaskan, teleskop reflektor yang dibuat menggunakan cermin primer dengan diameter 114 cm dan panjang fokus 900mm.

Desain teleskop reflektornya menggunakan desain teleskop reflektor berjenis Newtonian. Teleskop ini sudah diuji dan bisa digunakan untuk mengamati objek-objek yang jauh.

“Pembuatan teleskop reflektor ini merupakan kerja sama antara dosen pengampu, mahasiswa, serta Astronomi Itera Lampung-Pusat Metereologi Klimatologi Geofisika (OAIL-MKG). Proyek ini harus dikembangkan agar bangsa kita mampu memproduksi teleskop sendiri," kata Hendra.

Salah satu mahasiswa yang terlibat dalam proyek pembuatan teleskop, Ahmad Romadhon menyebut, pembuatan teleskop ini menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa.

Sebab, selama dua bulan mereka harus mengumpulkan bahan, mencetak dengan teknologi 3D printer, hingga menginstal.

"Membuat teleskop dapat membantu kita belajar tentang mekanisme optik dan teknologi serta memberikan kesempatan untuk mengamati dunia luar dengan jelas dan detail yang luar biasa," kata Ahmad.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/16/161010778/pakai-printer-3d-mahasiswa-itera-lampung-berhasil-buat-teleskop-reflektor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke