Salin Artikel

DPD Anies di Solo Dilantik, Targetkan 18.000 Relawan

Mereka dilantik oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Korwil Jawa Tengah Sapto Widodo di Posko Pemenangan Anies di Jalan Dr Radjiman No 483 Kecamatan Laweyan, Solo.

Pelantikan pengurus DPD Anies Solo dihadiri Ketua DPW Anies Provinsi Jawa Tengah Joko Purnomo dan simpul organisasi relawan Anies.

Sapto mengatakan, pengurus relawan Anies tingkat kabupaten/kota mengutamakan struktur yang rapi. Ada syarat tertentu agar organisasi relawan tingkat kabupaten/kota itu bisa dilantik.

Salah satunya, jumlah pengurus memenuhi syarat minimal 34 orang dan ada pemerataan di sejumlah kecamatan.

"Diharapkan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera adalah organisasi relawan yang benar-benar terstruktur dengan rapi. Sehingga tidak sembarang orang, komunitas bisa menyatakan diri bagian dari Aliansi Nasional Indonesia tanpa verifikasi tanpa panduan DPP Anies," kata Sapto di Solo, Jawa Tengah, Minggu.

Menurut Sapto pelantikan DPD Anies di Solo sengaja tidak mengerahkan massa. Hanya anggota dan pengurus yang diundang.

"Fokus kita adalah pelantikan. Sehingga setiap kegiatan pelantikan, kita tidak mengerahkan massa. Yang hadir adalah anggota dan pengurus," ungkap dia.

Selain di Solo, pihaknya juga melantik pengurus DPD Anies di Kabupaten Pakolongan dan Kota Pekalongan.

Menurutnya di Jawa Tengah tinggal beberapa DPD yang belum dilantik karena masih harus menyelesaikan sejumlah syarat yang harus dipenuhi.

"Dan itu tinggal sekitar empat atau lima saja yang menunggu jadwal pelantikan. Kayak Kendal sedang direncanakan. Kemudian tinggal beberapa daerah yang lain," kata dia.

Menurutnya, relawan Anies terbentuk tidak hanya di wilayah Jawa. Proses pelantikannya pun sama dengan pengurus relawan lainnya harus memenuhi syarat jumlah keanggotaannya.

Pelantikannya akan dilaksanakan melalui online atau zoom.

Lebih jauh Sapto mengungkapkan relawan Anies memanfaatkan relasi dalam mencapai kemenangan dalam Pemilu 2024 mendatang.

"Karena dalam sistem politik di Indonesia untuk mencapai sebuah kemenangan jejaring menjadi utama," jelas dia.

Ketua DPD Anies Solo Abi Ibrahim mengatakan untuk mencapai target 18.000 orang relawan di Solo dirinya akan mengenalkan tentang program Anies Baswedan, kelebihan Anies Baswedan dan tidak menjelek-jelekkan lawan.

Pihaknya berharap, bisa memenangkan Anies Baswedan sebagai Presiden 2024.

"Kita di Solo bisa mendapat 15.000 sampai 18.000 orang relawan. Yang pasti kita akan berusaha, kita akan bergerak terus, kita bersatu bersama relawan supaya bisa mencapai target minimal kita bisa memenangkan pertarungan di sini (Solo)," kata Abi Ibrahim.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/15/134456178/dpd-anies-di-solo-dilantik-targetkan-18000-relawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke