Salin Artikel

Kota Semarang Sering Dapat Limpahan Air dari Kabupaten Semarang saat Hujan, Plt Wali Kota Usul Bangun Waduk

Plt Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, pengendalian banjir dan rob harus dilakukan secara bersamaan.

"Harus ada koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Semarang dan Demak yang merupakan tetangga kita," jelasnya saat ditemui di Menara Suara Merdeka Semarang, Jumat (13/1/2023).

Untuk menanggulangi banjir di Kota Semarang tak bisa hanya menyelesaikan permasalah yang ada di hilir saja, melainkan permasalahan di hulu juga harus diselesaikan.

"Kemarin itu daerah atas seperti Kabupaten Semarang juga banjir sungainya meluap," paparnya.

Untuk itu, Pemerintah Kota Semarang merasa butuh berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Semarang karena letak Kota Semarang lebih rendah.

"Kalau kita ada di bagian bawah ya, jadi tergantung Kabupaten Semarang juga," ungkapnya.

Plt Wali Kota Semarang yang akrab dipanggil Mbak Ita ini akan berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Semarang untuk membuat program bersama.

"Kalau usul saya bisa dibuat program bersama seperti pembangunan waduk," ujar Ita.

Selain dengan Pemerintah Kabupaten Semarang, Pemerintah Kota Semarang juga perlu berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Demak soal penanganan rob.

"Kalau di Demak sudah ada Tol Semarang-Demak yang juga digunakan sebagai tanggul ya. Makannya kita butuh koordinasi untuk pembangunan tanggul laut dari Semarang juga," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/13/200044278/kota-semarang-sering-dapat-limpahan-air-dari-kabupaten-semarang-saat-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke