Salin Artikel

Situasi Keamanan di Pegunungan Bintang Terganggu, AirNav Tarik Petugas dari Bandara Oksibil

Tindakan itu diambil karena para petugas merasa tidak aman setelah KKB melakukan penyerangan dan menembaki pesawat di Bandara Oksibil.

“Kita tau sendiri kemarin di Oksibil kejadian yang cukup menegangkan. Pegawai kita yang bertugas di sana merasa trauma dengan kejadian di sana sehingga mereka menyelamatkan diri ke Jayapura,” ujar General Manager AirNav Indonesia Cabang Sentani Widodo, di Jayapura, Kamis (12/1/2023).

Ia mengungkapkan, jumlah personel AIrNav yang ditugaskan di Bandara Oksibil sebanyak 12 orang. Mereka terdiri dari petugas pengatur lalu lintas penerbangan dan petugas teknik.

Menurut dia, para petugas Airnav yang biasa memberi navigasi kepada pesawat yang hendak mendarat maupun lepas landas di Bandara Oksibil, merasa tidak tenang setelah penyerangan KKB pada Senin (9/1/2023) pagi.

“Mereka merasa trauma karena menyaksikan sendiri penembakan dan pembakaran itu. Petugas kami ini tak bisa tidur setelah melihat langsung kejadian penembakan-penembakan oleh KKB,” kata Widodo.

Namun ia memastikan, walau tidak terdapat petugas Air Nav di Bandara Oksibil, aktivitas penerbangan di lokasi tersebut tetap bisa dilakukan.

“Pelayan penerbangan tetap ada dengan sistem tiba, jadi kalau ada pesawat tiba dan keluar itu sudah dibuat prosedurnya. Memang petugas AirNav kami sudah tarik kemarin karena kondisi keamanan di Oksibil tidak stabil dan keselamatan mereka kita utamakan,” kata dia.

Saat itu, KKB mencegat tukang ojek di dekat SMKN 1 Oksibil dan sempat melepaskan tembakan.


Ketika aparat keamanan datang ke lokasi, KKB menembaki mereka hingga menyebabkan tiga personel kepolisian terluka.

Pada Senin (9/1/2023), KKB kembali berulah dengan membakar gedung SMKN 1 Oksibil dan menembaki pesawat kargo yang hendak mendarat di Bandara Oksibil.

Kemudian, pada Rabu (11/1/2023), KKB membakar Kantor Dispendukcapil Pegunungan Bintang.

Akibat kejadian tersebut, puluhan warga yang tinggal di sekitar lokasi kejadian, bersembunyi ke Mapolres Pegunungan Bintang.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/12/220945878/situasi-keamanan-di-pegunungan-bintang-terganggu-airnav-tarik-petugas-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke