Salin Artikel

Sering Beraktivitas di Eromoko-Wonogiri, Petani Asal Gunungkidul Positif Antraks

Bupati Wonogiri Joko Sutopo yang dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (11/1/2023) malam, membenarkan bahwa pria asal Kabupaten Gunungkidul tersebut sering bekerja di Desa Minggaharjo, Kecamatan Eromoko.

“Indikasinya terkena antraks. Domisili pria itu dari Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Cuma aktivitasnya sering di Minggaharjo, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri, yang berada di daerah perbatasan antara Wonogiri-Gunungkidul,” ujar Joko Sutopo.

Pria yang akrab disapa Jekek ini mengungkapkan, dari penelusuran, pria tersebut tidak memiliki riwayat mengonsumsi daging dan bersentuhan dengan hewan.

Ia menduga pria itu terpapar antraks saat melakukan pemupukan dengan pupuk kandang di sawah. “Kemungkinan ada spora yang menempel saat pemupukan,” kata Jekek.

Jekek mengatakan, pria itu masih menjalani perawatan setelah dinyatakan positif antraks di Gunungkidul. Pria itu diketahui terpapar antraks setelah melakukan pemeriksaan di Puskesmas Karangmojo II, Kabupaten Gunungkidul, pekan ini.

Terhadap kejadian itu, tim Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri sudah memeriksa keluarga yang berkontak erat dengan R. Hasilnya, tidak ada satu pun keluarga R yang terkena antraks.

“Tidak ada penularan di warga sekitar, tetapi saya minta kepala dinas kesehatan untuk berkoordinasi dengan Dinkes Gunungkidul. Apalagi kejadian ini melibatkan dua wilayah, yakni pria ini domisili di Gunungkidul, namun aktivitasnya di Minggaharjo-Wonogiri,” tutur Jekek.

Koordinasi itu, kata Jekek, untuk melakukan penelusuran guna memastikan faktor penyebab pria yang sering beraktivitas di Minggaharjo itu terkena antraks. Dari penelusuran itu, akan diketahui asal muasal pria itu terkena antraks.

Ditanya mengenai tertularnya pria berinisial R ini berasal dari hewan ternak yang sebelumnya terkena antraks, Jekek belum bisa memastikan hal tersebut. Pemkab Wonogiri akan terlebih dahulu menelusuri riwayat aktivitas pria tersebut.

“Kami sebelumnya belum ada laporan kasus antraks. Dalam pekan ini, kami akan mendapatkan laporan dari dinas teknis terkait asal muasal pria itu terkena antraks,” demikian Jekek.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/12/072038178/sering-beraktivitas-di-eromoko-wonogiri-petani-asal-gunungkidul-positif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke