Salin Artikel

PPKM Dicabut, Bupati Wonogiri Pastikan Faskes dan Nakes Penanganan Covid-19 Tetap Siaga

“Meski PPKM sudah dicabut kami tetap mensiapsiagakan fasilitas kesehatan untuk penanganan Covid-19. Bahkan kesiapsiagaan itu menjadi prioritas utama bagi Pemkab Wonogiri,” ujar Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, Rabu (12/1/2023).

Pria yang akrab disapa Jekek ini menyatakan kesiapsiagaan ini tidak hanya ditingkat rumah sakit saja. Dia memastikan penanganan covid-19 tetap tersedia di seluruh kecamatan di Kabupaten Wonogiri.

Selain tetap menyediakan faskes dan tenaga kesehatan, Pemkab Wonogiri terus memperbarui data keterjadian kasus covid-19 setiap harinya.

“Kami tetap concern fasilitas kesehatan dalam kesiapsiagaan untuk penanganan covid-19. Selain itu menjamin faskes dan nakes meng-update apakah ada mutasi, temuan kasus baru atau aspek lain. Kesiapsiagaan dalam konteks penanganan selalu kami jadikan prioritas pertama walaupun pemerintah pusat sudah mencabut status PPKM,” jelas Jekek.

"Tentu ada pelonggaran-pelonggaran. Dan kami tidak bicara covid-19 lagi. Karena faktanya di daerah sudah tidak mungkin mendapatkan respons kalau bicara covid-19,” kata Jekek.

Jekek mengakui saat ini keterjadian kasus covid-19 di Kabupaten Wonogiri terus melandai. Kendati demikian faskes dan nakes tetap bersiaga hingga ditingkat kecamatan.

“Kasus memang terus melandai. Tetap faskes dan nakes kami tetap siagakan. Semisal ada pemeriksaan dan menunjukkan gejala covid-19 maka hal itu yang akan ditindaklanjuti,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/11/125634778/ppkm-dicabut-bupati-wonogiri-pastikan-faskes-dan-nakes-penanganan-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke