Salin Artikel

10 Tahun Tak Punya Mako Polres, Kabupaten Termuda di Kaltim Hibahkan Lahan 7 Hektar untuk Polda Bangun Gedung

Sejak dimekarkan sebagai kabupaten termuda di Kaltim pada 14 Desember 2012, Mahakam Ulu tidak memiliki Polres sendiri. Tugas Polres Kutai Barat sebagai kabupaten terdekat melingkupi Mahakam Ulu.

Kepala Polda Kaltim, Irjen Pol Imam Sugianto baru meresmikan Polres Mahakam Ulu berdiri sendiri atau dipisah dari Polres Kutai Barat, pada Rabu (4/1/2023) di Ujoh Bilang, ibu kota Kabupaten Mahakam Ulu. Peresmian disertai ritual adat Dayak.

"Pak Bupati hibahkan lahan 7 hektar. Tugas kami mengusulkan kepada Mabes Polri untuk pembangunan gedung mako," ungkap Imam kepada awak media saat peresmian.

"Kalau tidak salah, oleh Mabes mengalokasikan pembangunan Mako Molres Mahakam Ulu tahun depan. Tapi kami memohon agar bisa dipercepat tahun ini akan lebih bagus," sambung Imam.

AKBP Anthony Rybok ditunjuk sebagai Kapolres pertama di Mahakam Ulu. Keesokan harinya, Anthony melantik wakilnya dan beberapa pejabat teras. Sebanyak 21 pejabat diambil sumpah jabatan mengisi jabatan di Polres Mahakam Ulu.

Kapolda Imam mengatakan, sebanyak 700 personil akan disiapkan untuk mengisi Polres Mahakam Ulu.

"Menuju ke jumlah itu secara perlahan kita percepat tapi dipenuhi dulu posisi vital. Terutama bidang perencanaan, pembinaan dan operasional," kata dia.

Selain hibah lahan, Pemkab Mahakam Ulu juga membangun akses jalan dari dan menuju Mako Polres sepanjang kurang lebih 1 - 3 kilometer.

Bupati Mahakam Ulu, Bonifasius Belawan mengatakan akses jalan itu akan dibangun tahun ini karena anggarannya sudah disiapkan.

"Tinggal lelang saja. Mereka (Polda) yang bangun gedung mako. Kami bangun jalannya," ungkap Boni saat mendampingi Kapolda meninjau tanah hibah.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/08/133349678/10-tahun-tak-punya-mako-polres-kabupaten-termuda-di-kaltim-hibahkan-lahan-7

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke