Salin Artikel

Pengakuan Nadia, Qoriah yang Disawer Saat Membaca Al Quran: Marah dan Kesal

KOMPAS.com - Nadia Hawasy, seorang qoriah yang disawer di Pandeglang, Banten, menceritakan aksi sawer terhadap dirinya saat ia melantunkan ayat suci Al Quran.

Kepada Kompas.com, Jumat (6/1/2023), Nadia menjelaskan, peristiwa itu terjadi dalam acara maulid Nabi Muhammad SAW di Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, pada Oktober 2022 lalu. Namun ia lupa hari dan tanggalnya.

"Acaranya sudah dua bulan lalu, tepatnya bulan Oktober, tapi saya lupa pastinya tanggal berapa," ujar Nadia.

Saat itu, lanjut Nadia, ia diundang untuk mengisi acara Maulid Nabi sebagai qoriah. Ia tidak mengetahui bahwa saat melantunkan ayat suci Al Quran itu akan disawer oleh laki-laki dan perempuan.

Nadia mengaku ingin menegur orang-orang yang menyawernya. Namun hal itu tidak memungkinkan karena ia sedang membaca Al Quran.

Ia mengaku merasa tidak dihargai dengan aksi sawer tersebut. Namun ia tidak bisa marah sehingga hanya mencabut uang yang diselipkan di kerudungnya.

"Tidak mungkin saya mau langsung tegur atau saya langsung berhenti dan turun dari panggung karena itu termasuk adab dalam membaca Al Quran," katanya.

Nadia mengaku sebenarnya marah dan kesal saat disawer. Ia pun memarahi panitia setelah dirinya turun dari panggung seusai membaca Al Quran.

Menurutnya, yang salah dalam hal ini adalah pihak panitia.

"Jadi sebetulnya panitia yang salah, tidak menghormati kita sebagai pembaca Al Quran," katanya.

Aksi sawer qoriah itu direkam video oleh seseorang lalu disebarkan di media sosial hingga viral.

Warganet mengecam aksi tersebut karena tidak menghormati pembacaan ayat suci Al Quran. (Kompas.com/ Penulis: Kontributor Banten, Acep Nazmudin | Editor: Reni Susanti) 

https://regional.kompas.com/read/2023/01/06/173649478/pengakuan-nadia-qoriah-yang-disawer-saat-membaca-al-quran-marah-dan-kesal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke