Salin Artikel

Masjid Raya Syekh Zayed Solo Ramai Pengunjung, Penjual Es Cendol Dawet Bisa Raup Rp 700.000 Per Hari

Masyarakat biasanya datang untuk sekadar melihat atau berfoto dengan latar masjid hadiah dari Presiden UEA itu. Ramainya kunjungan masyarakat menjadi berkah tersendiri bagi para pedagang yang berjualan di depan Masjid Raya Syekh Zayed Solo. 

Hal ini seperti yang dialami seorang pedagang es cendol dawet bernama Hartarti (42). Dia mengaku penghasilannya bisa mencapai antara Rp 500.000-Rp 700.000 per hari. 

"Belajar mulai jualan es dawet, ada juga es teh. Harganya Rp 5.000 per gelas.Kalau 5 kilo cendolnya habis, (penghasilan) sampai Rp 570.000. Kalau hari Minggu, bisa sampai 7 kilo cendol atau dapat Rp 700.000," ungkapnya, dikutip dari TribunBanyumas.com.

Penghasilan tersebut sangatlah besar bagi warga Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo itu. Hal ini mengingat dia hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 200.000 untuk modal awal.

Modal tersebut digunakan untuk membeli cendol seharga Rp 10.000 per kilogram, gula jawa atau gula aren, dan juga santan.

"Dilihat dari peminatnya, yang dibutuhkan pengunjung, minuman nomor satu. Luar biasa itu minuman," jelasnya.

Bahkan suami Hartati juga memenfaatkan ramainya pengunjung untuk berjualan pakaian.

"Daster, baju tidur, baju anak, ya laris semua. Cuma, hari ini ndak bawa, sudah habis semua," tuturnya.

Saat berjualan, Hartati harus mengeluarkan uang Rp 15.000 untuk kebersihan dan pengganti parkir.

"Biasanya, yang saya pakai ini untuk parkir. Oengganti uang parkir Rp 10.000, kebersihan Rp 5000. enggak kemahalan kalau harus bayar Rp 15.000 kalau dibandingkan dengan penghasilan," ucapnya.

Dia berharap, saat masjid nantinya resmi dibuka untuk umum, disediakan tempat khusus untuk berjualan bagi warga sekitar.

"Biar tertata rapi, yang namanya masjid kan bersih dan bagus. Selain itu, juga bisa biar ikut sedekah di sini lah," ujarnya. 

Artikel ini telah tayang di TribunBanyumas.com dengan judul Alhamdulillah, Hartati Raup Rp700 Ribu/Hari Hasil Jual Es Cendol di Depan Masjid Syekh Zayed Solo. (Penulis: Muhammad Sholekan | Editor: Rika Irawati)

https://regional.kompas.com/read/2023/01/06/082350278/masjid-raya-syekh-zayed-solo-ramai-pengunjung-penjual-es-cendol-dawet-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke