Salin Artikel

Hadapi Cuaca Buruk, Kapolda NTT Minta Jajarannya Siaga 24 Jam

"Saat ini kita tengah menghadapi cuaca yang buruk baik itu hujan angin, banjir dan gelombang yang tinggi. Untuk itu saya minta seluruh jajaran baik di tingkat Polda, jajaran-jajaran operasional direktorat maupun di polres-polres jajaran agar semua standby 24 jam," kata Johni saat memimpin serah terima jabatan lima pejabat utama Polda NTT di Markas Polda NTT, Kamis (5/1/2023) petang

Johni mengatakan, personel dan perlengkapan secara berjenjang di lapangan, harus disiapkan dan disusun dengan baik.

Sehingga lanjut dia, setiap kali ada kejadian bencana alam mulai skala kecil hingga besar, maka polisi selalu hadir di tengah-tengah masyarakat.

Dia mencontohkan di Kabupaten Kupang dan Kabupaten Alor, kehadiran polisi sangat cepat untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana sehingga mendapat apresiasi.

"Kehadiran personel Polri Polda NTT dengan cepat mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari masyarakat. Untuk itu saya minta seluruh jajaran agar siap menghadapi iklim ataupun cuaca yang sekarang ini dapat menimbulkan bencana di tengah masyarakat khususnya bencana alam yang skala paling kecil sampai dengan skala yang paling besar," kata dia.

Untuk skala besar lanjut dia, dibutuhkan kordinasi dengan seluruh stakeholder baik itu Pemda, satuan-satuan TNI, ormas-ormas, tokoh agama serta tokoh masyarakat.

"Kita tidak bisa berkerja sendiri tapi kita harus menjadi motor di dalam penanggulangan lembaga bencana-bencana alam yang mungkin ataupun berpotensi timbul pada masa atau musim penghujan," ujar Johni.

Johni juga memerintahkan para Kepala Kepolisian Resor agar terjun ke lapangan melakukan mitigasi bencana dan pemetaan terhadap daerah rawan, karena saat ini cuaca tak menentu

Johni juga memerintahkan jajaran untuk mengimbau masyarakatnya agar berhati-hati dalam beraktivitas terutama di sungai maupun di pantai.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/06/061205178/hadapi-cuaca-buruk-kapolda-ntt-minta-jajarannya-siaga-24-jam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke