Salin Artikel

Cegah Rabies, Puluhan Kucing Jantan di Bangka Dikebiri

BANGKA, KOMPAS.com - Puluhan kucing jantan di Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung menjadi target sterilisasi atau dikebiri pada awal tahun ini.

Program pengendalian populasi dan pencegahan rabies dari hewan peliharaan itu disediakan gratis bagi masyarakat.

"Target kami 50 kucing jantan untuk sterilisasi. Gratis dilaksanakan pada 9 Januari 2023," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Bangka, Budiyanto, kepada Kompas.com, Selasa (3/1/2023).

Budi menuturkan, warga yang ingin mendaftar cukup memerlihatkan kartu identitas berupa KTP dan Kartu Keluarga (KK). Selain itu kucing juga harus dalam kondisi bebas rabies.

"Kali ini steril khusus kucing jantan, untuk mencegah berkembang biak dengan kucing betina peliharaan atau kucing liar," ujar Budi.

Animo masyarakat Bangka dalam memelihara kucing terbilang tinggi. Bahkan pada waktu tertentu dilaksanakan kontes kucing.

Selain kucing lokal, ada jenis kucing persia dan kucing anggora yang banyak dipelihara warga.

Melalui program sterilisasi, warga diharapkan selalu menjaga kesehatan kucing dan mencegah penyakit menular dari hewan peliharaan.

"Kalau sterilisasi mandiri biayanya berkisar Rp 350.000 yang bisa dilakukan di klinik kesehatan hewan," pungkas Budi.

Sterilisasi kucing kandang ini dapat diakses secara online melalui bit.ly/sterilkucingdipanpertan pada 2 hingga 7 Januari 2023. Jadwal operasi akan disampaikan langsung ke pemilik hewan pada tanggal 9 – 20 Januari 2023 di Klinik hewan Dispapertan Bangka.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/04/081533778/cegah-rabies-puluhan-kucing-jantan-di-bangka-dikebiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke