Salin Artikel

Goa Seplawan: Daya Tarik, Jam Buka, Harga Tiket, dan Rute

KOMPAS.com - Goa Seplawan terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Goa Seplawan ini termasuk goa basah, karena di dalamnya terdapat aliran air.

Di tempat wisata ini, pengunjung dapat menikmati sensasi menyusuri goa.

Berikut ini adalah harga tiket, jam buka, daya tarik, dan rute Goa Seplawan.

Goa Seplawan

Daya Tarik Goa Seplawan

Goa Seplawan merupakan tempat rekreasi sekaligus wisata sejarah.

Sebelum memasuki goa, pengunjung akan disambut dengan patung emas setinggi tiga meter. Patung tersebut adalah replika arca emas Dewi Siwa dan Dewi Parwati.

Wisata sejarah ini terkait dengan pernah ditemukannya arca emas 22 karat, tinggi 9 sentimeter, dan berat 2,5 kilogram. Diperkirakan, arca tersebut adalah peninggalan Hindu Siwa.

Saat ini, arca yang asli masih ada dan disimpan di Museum Nasional sebagai benda bersejarah sejak tahun 1970-an. Peninggalan sejarah lainnya dengan ditemukan lingga yoni di sekitar goa.

Bagi pengunjung yang ingin menyusuri Goa Seplawan tidak memerlukan alat khusus.

Jalan di dalam goa mayoritas datar dan sesekali dibahasi oleh air. Baru beberapa meter berjalan, pengunjung akan menemukan kolam dengan air yang jernih saat tidak musim hujan.

Goa sepanjang kurang lebih 750 meter ini merupakan goa buntu. Beberapa cabang jalan sengaja ditutup karena merupakan goa vertikal, bagian berlumpur, dan jurang.

Setelah kurang lebih 20 meter masuk goa, pengunjung akan menemukan jalur sempit. Lorongnya hanya memiliki tinggi sekitar 80 sentimeter dan cukup untuk dilewati satu orang saja.

Pengunjung harus merunduk saat berjalan di lorong tersebut dengan panjang sekitar dua hingga tiga meter. Setelahnya, pengunjung akan melihat keindahan Goa Seplawan.

Goa tersusun dari batuan kapur yang terdapat relief menyeruai sirip ikan hiu. Hingga kini, asal-usul bentuk relief tersebut belum dapat terpecahkan oleh para arkeolog.

Pada jarak sekitar 500 meter terdapat jalan bercabang. Dimana jalur ke kanan adalah jalur ditemukannya arca dan menjadi jalur wisata. Sedangkan jika berbelok ke sebelah kiri, pengunjung akan berujung di bibir jurang.

Adanya persimpangan-persimpangan tersebut melambangkan hidup adalah sebuah pilihan, apakah ke nirwana atau ke jurang.

Kawasan Goa Seplawan juga menawarkan keindahan pemandangan pegunungan dari bukit yang ada disebelahnya.

Tempat wisata ini terdapat gardu pandang berwujud joglo yang menyuguhkan pemandangan Pegunungan Menoreh, Kota Magelang, dan Yogyakarta.

Jika cuaca cerah, pengunjung dapat melihat lima gunung sekaligus, yaitu Gunung Merapi, Gunung Slamet, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing.

Jam Buka Goa Seplawan

Goa Seplawan buka mulai pukul 08.00 hingga 16.30 WIB.

Harga Tiket Masuk Goa Seplawan

Untuk menikmati keindahan Goa Seplawan, pengunjung akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Sebagai catatan, harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu.

Rute Goa Seplawan

Jarak tempuh Goa Seplawan dari Purworejo sekitar 20,5 Km dengan waktu tempuh 45 menit.

Perjalanan dapat melalui Jl Purworejo Salaman, Jl H Juanda, Jl Kapten Piere Tendean, Jl Pemuda, Jl WR Supratman, Jl Raya Kaligesing, Jl Kaligono, dan Jl Goa Seplawan.

Untuk mencapai Goa Seplawan, pengunjung akan melewati jalan desa yang berkelok dan menanjak karena goa berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut (mdpl). (Penulis: Muhammad Irzal Adiakurnia; Editor: Sri Anindiati Nursastri).

Sumber:

travel.kompas.com dan kebudayaan.kemdikbud.go.id

https://regional.kompas.com/read/2023/01/03/205451078/goa-seplawan-daya-tarik-jam-buka-harga-tiket-dan-rute

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke