Salin Artikel

60 Kali Gempa Susulan Setelah Gempa M 4,9 di Jayapura, 5 di Antaranya Terasa

Gempa bumi pertama terjadi pukul 03.24 WIT dini hari.

Kepala Bidang Observasi BMKG Wilayah V Jayapura, Danang Pamuji mengungkapkan, data tersebut tercatat hingga pukul 11.00 WIT.

“Jadi, 60 kali gempa susulan yang terjadi hingga pukul 11.00 WIT. Dari gempa bumi susulan ini ada lima gempa bumi di antaranya terasa, meskipun tidak sebesar dari gempa bumi yang pertama kali terjadi,” ungkapnya saat dihubungi Kompas.com, Senin.

Menurut Danang, 60 gempa bumi susulan ini terjadi di sepanjang wilayah Kota Jayapura. Penyebaran gempa bumi ini terjadi di wilayah darat dan laut.

“Dari lima gempa bumi susulan yang terasa, dimana ada tiga gempa bumi berlokasi di darat dan dua lainnya berlokasi di laut,” tuturnya.

Danang menyampaikan, gempa bumi susulan dirasakan ini berkuatan paling kecil 3,1 dan paling besar 4,4. Ini gempa bumi dari 5 kali gempa bumi yang dirasakan.

“Ini merupakan gempa bumi pertama yang terasa di tahun 2023. Kami di BMKG mencatat setiap hari ada getaran gempa, tetapi untuk yang terasa di tahun 2023 ini merupakan yang pertama,” ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/02/113601078/60-kali-gempa-susulan-setelah-gempa-m-49-di-jayapura-5-di-antaranya-terasa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke