Salin Artikel

4 Upaya Penyelundupan Narkoba ke Lapas di Banten Selama 2022, lewat Sayur Asem hingga Anus

Berbagai macam modus dilakukan pelaku, mulai dari menyembunyikan narkoba di dalam sayur asem hingga anus.

"Ada upaya untuk memasukan sesuatu, dan untuk memasukan sesuatu itu sulit. Dia (pelaku) akan berupaya maksimal memasukan baik alat komunikasi, obat-obatan atau memang sesuatu yang dilarang berada di dalam Lapas. Dalam catatan ada empat kejadian untuk tahun 2022," kata Kepala Kanwil Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Banten, Tejo Herwanto kepada wartawan di kantornya. Selasa (27/12/2022).

Disebutkan Tejo, pada 19 Maret 2022 petugas Lapas Kelas IIA Serang berhasil menggagalkan upaya penyelundupan dua paket kecil narkoba jenis sabu yang disembunyikan dalam bungkus sayur asem yang dilakukan seorang pemuda berinisial A.

Kemudian, pada 17 Mei 2022 upaya penyelundupan sabu seberat 5 gram dengan menggunakan modus atau cara menyembunyikan didalam charger handphone.

"Lalu di Rutan Serang obat-obatan daftar G ,daftar G ini berbahaya dapat menganggu kemana dan ketertiban di dalam, yaitu tramadol dan eksimer sebanyak 601 butir," ujar Tejo.

Kejadian terkahir, kata Tejo, pada 13 Desember 2022, dimana salah satu narapidana di Lapas Cilegon menjadi kurir narkoba jenis sabu.

Kedua paket sabu itu disembunyikan pelaku melalui anus untuk bisa dimasukan ke dalam Lapas.

"Di Lapas Cilegon satu paket sabu 9,67 gram, satu paket sabu lagi seberat 4,73 gram. Upaya terus menerus dilakukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab untuk memasukan barang-barang terlarang," kata Tejo.

Tejo menambahkan, dalam upaya pencegahan juga dibarengi dengan komitmen para pejabat dan pegawai untuk bersama-sama berperang melawan narkoba.

Selain itu, petugas juga harus menjalankan SOP penjagaan dan pemeriksaan setiap orang yang akan masuk ke dalam lingkungan Lapas maupun Rutan.

"Ada penjagaan, ada pemeriksaan badan, pemeriksaan barang-barang diperiksa digeledah, dan lain sebagainya. Lalu kita juga ada kerja sama dengan Kepolisan, BNN, Pemerintah Daerah, Kejaksaan," tandas Tejo.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/28/101351478/4-upaya-penyelundupan-narkoba-ke-lapas-di-banten-selama-2022-lewat-sayur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke