Salin Artikel

KIR Truk Molen yang Alami Kecelakaan di Muara Rapak Ternyata Belum Diperpanjang

BALIKPAPAN, KOMPAS.com – Polisi langsung melakukan penyelidikan dan menghimpun sejumlah keterangan pascakejadian kecelakaan di turunan Muara Rapak Balikpapan pada Selasa (27/12/2022) sekitar pukul 15.30 Wita. Tragedi laka tersebut merenggut nyawa sang sopir yakni Alex Thomas (61).

Dari keterangan yang dihimpun petugas terhadap kernet truk molen bernama Dian Desen Nugraha (30), bahwa saat itu dirinya tengah tertidur.

Namun sesampainya di turunan Muara Rapak ia dibangunkan oleh Alex lantaran remnya tidak berfungsi. 

“Kami mendapatkan informasi dari kernet yang pada saat kejadian itu dia posisinya tidur. Terus dibangunin oleh sopir. Dalam posisi tersebut sopir panik karena kendaraannya tidak bisa dihentikan atau direm. Jadi keterangan saksi kernet bahwa informasi yang bisa didapatkan bahwa sopir mengalami kepanikan karena rem tidak berfungsi,” kata Wadirlantas Polda Kaltim AKBP Lukman Cahyono di lokasi kejadian.

Namun pihaknya belum bisa menyimpulkan terlebih dahulu lantaran akan didalami oleh pihak yang berkompeten yakni Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD).

Selain itu pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap dokumen kendaraan. Ditemukan KIR truk molen bernopol AB 9034 AK belum diperpanjang. 

“Untuk SIM sopir ini ada. Untuk kendaraan lain yakni KIR itu sementara hasil pemeriksaan dokumen itu belum diperpanjang atau mati di bulan Agustus 2021,” ungkapnya.

Sementara itu muatan yang dibawa oleh truk yakni bahan pengecoran beton sebanyak 4 kubik. Rencananya bahan pengecoran tersebut akan dibawa ke kawasan Gunung Bugis, Balikpapan Barat.

“Untuk muatan yang dibawa adalah cor-coran untuk ngecor jalan yang akan digunakan di seputaran Gunung Bugis. Untuk kapasitas molen ini maksimal 5 kubik yang diangkut 4 kubik,” jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/27/220209178/kir-truk-molen-yang-alami-kecelakaan-di-muara-rapak-ternyata-belum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke