Salin Artikel

Polisi Kekeh Mediasi Konflik Keraton Solo: Internal, Tidak Perlu Libatkan Pihak Luar

SOLO, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Solo kekeh akan melakukan jalur mediasi atas kasus konflik Keraton Kasunanan Solo yang saling mengadu ke kepolisian.

Seperti diketahui, kedua kubu dari kubu Lembaga Dewan Adat (LDA) serta kubu Sri Susuhunan Pakubuwana XIII (PB XIII) berseteru mengadu ke Polresta Solo dengan aduan dugaan penganiayaan dan pengeroyokan.

"Kalau kita Polresta Solo harapannya mediasi. Begini, satu yang harus kita pegang, bahwa keraton itu kan pusat budaya, semua yang ada di keraton itu semua berselisih itu kerabat," kata Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi, Selasa (27/12/2022).

Pertimbangan lain, Iwan mengatakan, konflik tersebut merupakan internal dari keluarga Keraton Solo.

Untuk itu, ia menegaskan agar pihak luar dari keluarga keraton untuk tidak ikut campur dalam urusan tersebut.

"Alangkah lebih baiknya jika persoalan internal itu mereka selesaikan internal. Tidak usah melibatkan pihak lain di luar yang mungkin nanti akan memperkeruh," jelasnya

Dalam posisi ini, lanjut Iwan, kepolisian berperan sebagai penengah untuk memastikan situasi dan kondisi dalam keadaan baik dan tidak menimbulkan tindakan hukum. 

"Kehadiran kami, Polri hanya memastikan semuanya dalam keadaan baik. Tidak terjadi hal-hal yang anarki satu pun.  Tidak terjadi hal-hal lain yang berpotensi untuk tindak pidana. Kita tidak ada dalam proporsi perselisihan yang ada di dalam keraton," ujarnya.

"Sekali lagi, kita tegaskan itu adalah internal dan kita tidak masuk dalam ranah itu. Polri hadir sebagai lembaga yang bertugas pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat dan penegakan hukum jika diperlukan," tegas Iwan.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/27/170850578/polisi-kekeh-mediasi-konflik-keraton-solo-internal-tidak-perlu-libatkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke