Salin Artikel

Pemprov Jateng Pastikan 315 Wisatawan yang Terjebak di Karimunjawa Dijemput KM Kelimutu Besok

Rencananya ratusan pelancong dijemput kapal tersebut pada besok sore pukul 17.00 WIB di Dermaga Legon Bajak.

Namun, wisatawan diharapkan sudah berkumpul pada pukul 15.00 WIB di pelabuhan. Dengan begitu sekitar pukul 18.00 WIB kapal dapat berlayar kembali menuju Semarang.

"Kapal Kellimutu yang harusnya dari Kumai langsung ke Semarang, dideviasikan (berbelok) singgah di Legon Bajak Karimunjawa tanggal 27 Desember dan akan mengangkut wisatawan," ujar Plt. Kepala Dishub Jateng Syurya Deta Syafrie, Senin (26/12/2022) dalam keterangan yang diterima Kompas,com.

Sebagai perwakilan Pemprov Jateng, pihaknya juga telah menjalin komunikasi dengan Pemkab Jepara dan Kementerian Perhubungan terkait rencana penjemputan itu.

Deta mengatakan, saat ini wisatawan dalam kondisi baik. Ia menjamin kebutuhan logistik, kesehatan hingga penginapan masih cukup.

"Kami juga berkomunikasi dengan pemerintah desa Karimunjawa, terkait suplai logistik. Tidak ada hal mendesak dan perlu dikhawatirkan, pasokan pangan, energi aman semua," imbuhnya.

Lebih lanjut, Deta mengimbau agar wisatawan dan pengelola perjalanan wisata lebih memperhatikan situasi cuaca di perairan Karimunjawa.

Pasalnya pihaknya mengetahui pola cuaca di Karimunjawa pada Desember-Januari terdapat angin barat yang menyebabkan angin dan ombak tinggi.

“Kami harap biro wisata dan pelaku wisata memahami serta memberi sosialisasi terkait pola perjalanan wisata di Karimunjawa paling bagus pada April-Oktober. Ini sebagai pembelajaran yang baik," pungkasnya.

Ratusan wisatawan terjebak di Karimunjawa karena cuaca esktrem sejak Sabtu (24/12/2022) lalu.

Sebagai catatan, KM Kelimutu adalah salah satu kapal pelayaran Di Tanah Air Milik PT Pelni dengan rute lintasan kawasan Kalimantan Ke Pulau Jawa.

Kapasitas muatan penumpang mencapai 500–1.000 penumpang dalam sekali angkut.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/26/194205378/pemprov-jateng-pastikan-315-wisatawan-yang-terjebak-di-karimunjawa-dijemput

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke