Salin Artikel

Ribuan Umat Kristiani Khusyuk Ikuti Perayaan Natal Bersama di Salatiga

SALATIGA, KOMPAS.com - Ribuan umat Kristiani di Kota Salatiga, Jawa Tengah, khusyuk mengikuti Natal bersama yang diadakan di Lapangan Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa, Minggu (25/12/2022) pagi. Kegiatan Natal bersama kembali diselenggarakan setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Peserta kegiatan Natal bersama, Yessi Ceria Ignawati mengungkapkan rasa yang luar biasa karena bisa kembali merayakan Natal bersama.

"Rasanya senang sekali, karena memang kami sekeluarga sangat menantikan momen ini. Meski tadi sempat gerimis sebentar, tapi tidak masalah," ujarnya, Minggu.

Yessi datang bersama keluarganya. Anaknya yang bernama Alodya Jessa Benedicta ikut ambil bagian dalam pelayanan bermain tamborin.

"Perayaan Natal bersama meriah sekali. Apalagi selama dua tahun tidak ada perayaan Natal bersama. Sekarang dengan kegiatan ini bisa juga bertemu teman-teman," kata Yessi.

Ketua Badan Kerjasama Gereja-gereja Salatiga (BKGS) Purwanto mengatakan, kegiatan Natal bersama ini sangat ditunggu umat Kristiani.

“Hari ini kita umat Kristiani di Salatiga bisa merayakan Natal yang sudah ditunggu-tunggu karena dua tahun ini kita tidak merayakan Natal bersama-sama,” kata Purwanto.

Perayaan Natal tahun ini bertema 'Bersinarlah seperti mentari menyinari bumi yang memiliki berbagai macam nilai-nilai kehidupan'.

“Mentari itu kalau bersinar tidak diskriminasi maka kita berharap umat Kristiani jangan mendiskriminasi dalam mengasihi,” kata Purwanto.

Menurut Purwanto, perayaan Natal bersama diikuti sekira 10.000 umat Kristiani dari berbagai gereja.

"Harapannya perayaan ini dapat menyatukan perbedaan, sehingga dapat menghargai toleransi. Kita bisa toleransi di eksternal, karena kita punya kewajiban untuk merawat Kota Salatiga sebagai kota tertoleran,” ujarnya.

"Saling tolong menolong, apalagi ibunya sudah sepuh dan akan mengikuti kegiatan Natal, jadi kita bantu ke kursi roda. Jalannya juga menurun," paparnya.

Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana mengatakan, perayaan Natal menjadi fokus pengamanan jajarannya bersama TNI.

"Pengamanan ketat kita laksanakan guna memberikan pelayanan yang terbaik agar puncak perayaan Natal 2022 berjalan aman, damai dan sejuk," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/25/113629678/ribuan-umat-kristiani-khusyuk-ikuti-perayaan-natal-bersama-di-salatiga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke