Salin Artikel

Tak Hanya di Bantul, TBC Juga Menimpa 669 Anak di Tegal

TEGAL, KOMPAS.com - Penderita tuberkulosis (TBC) di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah masih tinggi.

Dinas Kesehatan setempat mencatat Januari-Desember 2022 mencapai 3.858 kasus. Dari jumlah itu, 669 di antaranya menimpa anak-anak.

"Tidak hanya dialami orang dewasa, tapi juga anak-anak. Jumlahnya 669 anak," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Ruszaeni, saat konferensi pers bersama SSR Mentari Sehat Indonesia Kabupaten Tegal, di Hotel Grand Dian Slawi, Jumat (23/12/2022).

Ruszaeni menyebut kasus TBC cenderung naik setiap tahun. Hal itu lantaran penularannya sangat mudah. Yakni melalui udara.

"Selain itu, penyebaran TBC tidak mengenal waktu. Musim hujan maupun kemarau, TBC berpotensi merajarela jika tidak secepatnya ditangani," ujar Ruszaeni.

Untuk itu, pihaknya menghendaki agar SSR Mentari Sehat Indonesia maupun kader di desa melakukan asesment terhadap penderita TBC.

"Temukan kasus baru semaksimal mungkin dan cegah terjadinya drop out (DO) bagi penderita TBC," terang Ruszaeni.

Dia menjelaskan, DO adalah penderita TBC yang enggan berobat. Biasanya, karena tidak memiliki biaya atau alasan lainnya.

Padahal untuk pengobatan TBC di puskesmas maupun rumah sakit tidak dipungut biaya.

Tidak hanya itu, penderita juga bisa mendapatkan bantuan anggaran dari pemerintah jika berasal dari keluarga tidak mampu.

"Prinsipnya, walau TBC merupakan penyakit berbahaya, tapi masih bisa disembuhkan. Maksimal penyembuhan sekitar 6 bulan," kata Ruszaeni.

SSR TBC Komunitas GF-ATM Mentari Sehat Indonesia Kabupaten Tegal Abdul Ghofar Ismail, mengaku akan melakukan assesment maksimal agar kasus TBC tidak meluas.

"Kasus TBC di Kabupaten Tegal memang tinggi. Dan ini harus dicegah. Kita akan melakukan assesment secara maksimal," kata Ghofar.

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal Achmad Jafar mengatakan, tahun 2023 mendatang, Pemerintah mengalokasikan anggaran Rp 3,6 miliar untuk penanganan TBC.

"Kasus TBC ini harus secepatnya ditangani. Karena di Indonesia terbanyak kedua kasus TBC di dunia. Yang pertama India," kata Jafar.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/23/215255278/tak-hanya-di-bantul-tbc-juga-menimpa-669-anak-di-tegal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke